alexametrics

Teror Pengabdi Setan Bikin Pemain Takut

3 Agustus 2022, 13:48:22 WIB

JawaPos.com – Menjadi pemeran utama dalam film Pengabdi Setan 2: Communion, Tara Basro mengaku dirinya sebetulnya sosok penakut. Istri Daniel Adnan itu tidak mampu menonton film tersebut sampai selesai. Di film pertama dia hanya berani menyaksikan teror sang ibu cuma dalam sepuluh menit.

Namun, di film Pengabdi Setan 2, Tara akan memberanikan diri menonton aktingnya sebagai Rini hingga tuntas. ”Di film yang kedua ini justru aku malah penasaran. Jadi, aku akan memaksakan menonton nanti karena nggak sabar melihat semuanya,” kata Tara saat press screening di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Selasa (2/8).

Setelah melewati proses pematangan selama dua tahun, Pengabdi Setan 2 siap beredar di bioskop tanah air mulai besok (4/8). Di sekuel tersebut, Joko membuat latar tempat yang berbeda dari film pertama. Di Pengabdi Setan 2, teror ibu berlanjut ke rumah susun yang kini ditempati Rini dan keluarganya.

Syuting dilakukan di sebuah gedung kosong di daerah Jakarta Timur. Bangunan tersebut diketahui bekas rumah susun yang sudah terbengkalai sejak 15 tahun lalu. Kondisi itu jelas menambah kesan horor para cast saat berakting.

Tara mengakui bahwa dirinya merasakan aura negatif selama berada di gedung tersebut. ”Kalau hawa-hawa nggak enak gitu pasti ada. Karena itu bangunan udah lama nggak ditinggalin. Jadi lumayan berbahaya,” ungkapnya.

Tara menyebutkan bahwa proses syuting Pengabdi Setan 2 lebih seram ketimbang yang pertama. Selama proses pengambilan gambar, Tara berhasil menaklukkan ketakutannya dengan memfokuskan diri pada tujuannya. Yaitu menyelesaikan film Pengabdi Setan 2 dan menjiwai karakter yang dimainkan.

Di sisi lain, lokasi syuting juga disebut tak pernah sepi. ”Di sana kan kami bekerja, ramai-ramai juga. Jadi, hal-hal kayak gitu nggak bisa diambil pusing. Pas syuting juga konsentrasinya kan tinggi, jadi nggak takut,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Endy Arfian. Pemeran Toni di Pengabdi Setan 1 & 2 itu juga merasakan aura seram ketika syuting. Selain histori bangunan yang mereka gunakan, pengambilan gambar yang dilakukan secara natural dan minim penerangan juga menjadi faktor penyebab ketakutannya.

”Itu sih yang nambah kengerian. Karena nggak ada lampu tambahan. Cahayanya ya cuma dari senter yang dipegang doang,” kata Endy yang juga mengaku seorang penakut.

Untung, selama proses produksi, Endy tidak mengalami kejadian mistis secara langsung seperti ditampaki makhluk halus. ”Alhamdulillah nggak ngalamin apa-apa. Tapi ngerasain sesuatu yang nggak enak tuh sering banget,” lanjutnya.

Aktor berusia 21 tahun itu mengakui, segala ketakutan yang dirasakan selama syuting terbawa hingga ke kehidupan nyata. Salah satunya adegan Toni yang dipantau dua pocong ketika sedang menyalakan korek api. Endy mengakui, scene itulah yang berhasil membuat dirinya parno.

”Kayak rumah aku tiba-tiba mati lampu, terus nggak ada senter. Berarti harus pakai korek api, jadinya aku ngebayangin ada pocong di belakangku,” ujar dia.

Pengabdi Setan 2 masih dibintangi sederet pemain lama seperti Bront Palarae, Ayu Laksmi, Nasar Anuz, Egi Fedly, Asmara Abigail, dan Fachri Albar. Namun, film itu juga menghadirkan wajah-wajah baru. Ada Jourdy Pranata, Ratu Felisha, Kiki Narendra, Muzakki Ramdhan, Fatih Unru, dan lainnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : shf/c9/ayi

Saksikan video menarik berikut ini: