JawaPos Radar

Pro Kontra Stuntman Presiden Jokowi, Sutradara Film: Itu Keharusan!

19/08/2018, 18:42 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
opening ceremony asian games 2018, stuntman suddum so, stuntman presiden jokowi,
Suddum So saat beraksi sebagai stuntman Presiden Joko Widodo di Opening Ceremony Asian Games 2018. (Instagram)
Share this

JawaPos.com - Tayangan video Presiden Joko Widodo mengendarai motor saat Opening Ceremony Asian Games 2018 menuai berbagai komentar warganet. Tentu saja, peran Jokowi sebagai pengendara sepeda motor di video  ternyata menggunakan pemeran pengganti (stuntman) asal Thailand bernama Suddum So.

Alhasil, warganet pun berkomentar pro dan kontra seputar stuntman Presiden Jokowi. Sutradara Film Dilan 1990 Fajar Bustomi menjelaskan penggunaan stuntman dalam sebuah film adalah bertujuan untuk menggunakan orang yang profesional dalam setiap adegan yang membahayakan.

Dalam video tersebut, menurut Fajar, Presiden Jokowi membutuhkan peran stuntman untuk menggantikannya dalam setiap aksi berkendara hingga seolah tampak terbang di udara. "Film itu kan produk entertain jangan sampai membahayakan pemainnya, pemerannya. Penggunaan stuntman biasa dalam film, itu wajar sekali," katanya kepada JawaPos.com, Minggu (19/8).

Sehingga jangan sampai sebuah tayangan hiburan justru membahayakan. Apalagi untuk seorang kepala negara atau presiden, Fajar menilai menggunakan stuntman dalam tayangan tersebut adalah keharusan.

"Justru sebuah keharusan dalam tayangan Pak Jokowi. Karena itu menyangkut keselamatan seorang presiden. Enggak perlu dilakukan Pak Jokowi sendiri," tuturnya.

Fajar menambahkan secara keseluruhan Opening Ceremony Asian Games 2018 kemarin baik dan menghibur. Dirinya pun sebagai sutradara terkesima dengan semua segmen yang disuguhkan kepada masyarakat

"Saya terkesima dengan tarian dan ini kerja para orang-orang hebat di balik kesuksesan acara tersebut. Dari mulai tariannya hingga yang terpenting adalah atletnya harus juara," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi tampil di atas panggung dengan sepeda motor milik Paspampres setelah tampil dalam sebuah tayangan. Dirinya seolah terbang di udara dan menerobos gang-gang sempit. Namun belakangan diketahui aksi tersebut diperankan oleh seorang pemeran pengganti. 

Stuntman Presiden Jokowi diketahui berasal dari Thailand yang memang biasa menjadi pemeran pengganti sebagai rider sepeda motor.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up