alexametrics

Pandemi Melandai, Pengamat Musik: Industri Kreatif Mulai Menggeliat

21 Mei 2022, 19:25:15 WIB

JawaPos.com – Pemerintah telah melonggarkan sejumlah aturan setelah pandemi Covid-19 melandai. Pelonggaran aturan ini membawa dampak positif pada industri kreatif di Indonesia.

Bioskop mulai bangkit setelah cukup lama mati suri. Demikian juga dengan konser-konser mulai bisa dilaksanakan setelah kurang lebih 2 tahun belakangan tidak diperbolehkan sama sekali oleh pemerintah demi memprioritaskan kesehatan masyarakat.

Pengamat musik Stanley Tulung menyambut positif pelonggaran aturan terkait pandemi Covid-19 yang berdampak positif pada industri kreatif di tanah air. Sebagai pengamat, dia merasakan betul denyut nadi industri kreatif di tanah air kini mulai menggeliat.

“Jelas terasa sekali bedanya (dengan adanya pelonggaran aturan). Sekarang konser konser sudah bisa jalan. Festival Pop mulai jalan, Allo Bank Festival dari kemarin juga jalan,” kata Stanley Tulung kepada JawaPos.com Sabtu (2/5).

Untuk konser yang melibatkan banyak orang, dia berharap orang-orang tetap menegakkan protokol kesehatan minimal munggunakan masker. Stanley Tulung mengingatkan masyarakat bahwa melandainya kasus Covid-19 bukan berarti virus yang muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok tersebut kini sudah lenyap.

“Pandemi bukan sudah tidak ada, masih ada. Kita ikuti saja apa yang sudah ditetapkan pemerintah,” katanya.

Dengan adanya pelonggaran aturan terkait pandemi Covid-19, sejumlah konser mulai jalan dan direncanakan untuk digelar. Dewa-19 menggelar tour konser ke sejumlah kota memperingati 30 tahun berkarya di industri musik Indonesia. Konser perdana Dewa 19 akan dimulai di Surabaya pada 27 Mei 2022 mendatang dan kemudian disuaul di kota-kota lain sepanjang tahun ini.

Java Jazz Festival 2022 juga akan dihelat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada 27- 29 Mei 2022 mendatang. Prambanan Jazz Festival 2022 juga siap digelar pada 1- 3 Juli di tahun ini.

Rossa akan menggelar konser tunggal menandai perjalanan karirnya selama 25 tahun di industri musik tanah air. Konser perdana Rossa akan digelar di Istora Senayan Jakarta, 27 Mei mendatang dan kemudian disusul sejumlah kota lainnya.

Penyanyi Justin Bieber juga akan menggelar konser menyapa para penggemarnya di Stadion Madya Gelora Bung Karno pada 2- 3 November 2022 mendatang.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads