alexametrics

Meninggal di Jogjakarta, Eddy Gombloh Dimakamkan di Jakarta

5 Agustus 2022, 10:19:14 WIB

JawaPos.com–Aktor komedi senior Eddy Gombloh meninggal dunia di kota kelahirannya, Jogjakarta, pada Kamis (4/8). Jenazahnya akan dimakamkan pada Jumat (5/8) di Jakarta tepatnya di TPU Tegal Alur, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kabar pemakaman Eddy Gombloh di Jakarta diungkapkan pihak keluarga dan sahabat. Martina, istri dari almarhum mengatakan, pemilihan pemakaman di Jakarta berdasar pesan Eddy Gombloh sebelum meninggal.

”Sebelum meninggal dia minta dimakamkan di Jakarta. Dirawat sudah lama sekali tapi pulang pergi, pulang pergi. Tim dokter sudah mengusahakan, mungkin ini yang terbaik biar dia tidak sakit lagi,” kata Martina dalam video YouTube Macul Channel.

Pemakaman Eddy Gombloh di Jakarta juga diungkapkan sahabatnya, Memet Srimulat. Dia mengatakan, sang sahabat akan dimakamkan di pemakaman Kristen TPU Tegal Alur, Cengkareng, Jakarta.

”Jam 22 tadi malam (4/8), jenazah sudah diberangkatkan ke Jakarta lewat jalan darat dari Sleman, Jogjakarta,” tutur Memet.

Memet melalui pesan singkat menyatakan, prosesi pemakaman Eddy Gombloh akan digelar hari ini (5/8) diusahakan sebelum waktu salat Jumat.

Eddy Gombloh meninggal dunia pada Kamis (4/8). Dia menghembuskan napas terakhir di RS Sardjito, Jogjakarta, sekitar pukul 12.30 WIB. Dia cukup lama mengalami sakit jantung yang kemudian menyebar ke ginjal, hati, dan paru-paru.

Eddy Gombloh merupakan aktor komedi hebat di dunia perfilman tanah air. Puncak popularitasnya pada tahun 1980-an dan 1990-an. Pada era 80-an, honor yang didapatnya dari dunia perfilman pada saat itu sekitar Rp 2 juta. Angka itu sangat besar pada masa itu.

Sejak berkarir di dunia hiburan mulai tahun 70-an, Eddy Gombloh sudah membintangi banyak judul film. Beberapa di antaranya Djembatan Emas, Biang Kerok, Benyamin Brengsek, Inem Pelayan Sexy, Hujan Duit, GeEr – Gede Rasa, Kembang Semusim, dan masih banyak judul film lain.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Abdul Rahman

Saksikan video menarik berikut ini: