JawaPos Radar

Hasnur Dapat Tambahan Batubara 2 Juta Ton Dari Itochu Tahun Ini

24/08/2018, 18:17 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Hasnur Dapat Tambahan Batubara 2 Juta Ton Dari Itochu Tahun Ini
pertambangan batubara (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perusahaan daerah yang bergerak dibidang tambang PT Hasnur Jaya International (HJI) meneken kontrak baru dengan perusahaan asal Jepang Itochu Corporation. Kedua perusahaan tersebut menandatangi kesepakatan atas penambahan pesanan batubara sebanyak 500.000 ton di tahun ini.

Direktur Keuangan Hasnur Group Syamsul Bachri Djadi menjelaskan, dengan penambahan pesanan ini, total pembelian batubara dari Hasnur Jaya Internasional untuk Itochu menjadi 2 juta ton sepanjang 2018.

Menurutnya, Itochu selama ini menjadi salah satu klien besar dari Hasnur. Bahkan, kerjasama kedua perusahaan ini sudah berlangsung seja 2012. Total pesanan batubara Itochu ke Hasnur Jaya mencapai 21 juta ton dari 2012 sampai 2021.

“Dengan adanya tambahan pesanan 500.000 ton ton ini, total tahun ini bertambah menjadi 2 juta ton dari 1,5 juta ton di tahun ini,” ujarnya dalam siaran persnya, Jumat (24/8).

Deputy General Manager Coal & Nuclear Fuel Departement Metal and Mineral Company Itochu Corporation Etsuo Kiyota mengatakan, penambahan pesanan Itochu seiring dengan kebutuhan Itochu.

“Kerjasama kami sudah berlangsung lama sejak tahun 2012. Apalagi, Hasnur adalah perusahaan terintergrasi yang memiliki infrastruktur lengkap,” tandas Etsuo.

Director Bhumi Rantau Energi sebagai anak usaha Hasnur Jaya International Hendra Santoso menambahkan, penambahan tambahan pembelian ini menggunakan harga USD 45 per ton.

“Dengan begitu, nilai kontrak tambahan ini berkisar USD 90 juta,” ujar Hendra.

Adapun untuk total pesanan sampai 21 juta ton, Hendra tak bisa menyebutkan nilainya karena terikat aturan kontrak dan ketentuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebagai informasi, Hasnur Jaya Internasional (HJI) adalah sub holding tambang yang dimiliki Hasnur Grup. Fokus bisnis grup ini adalah tambang batubara. Ada dua anak usaha Hasnur Grup yakni PT Energi Batubara Lestari dan PT Bhumi Rantau Energi. Selain itu, Hasnur Jaya International juga memiliki pelabuhan (port) sendiri serta kapal untuk pengangkutan batubara sendiri.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up