alexametrics

Soal Polemik Antam Impor Emas Batangan, Begini Kata Ahli ITB

21 Juni 2021, 09:36:20 WIB

JawaPos.com –  Impor emas batangan tuang yang menjadi polemik belakangan ini. Menurut ahli metalurgi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Imam Santoso, ST., M.Phil. impor emas dalam bentuk bongkah, ingot, atau batang tuangan, tidak ada masalah dan sudah lumrah dilakukan.

“Mengenai perdebatan terkait impor emas batangan 1 kg yang sedang hangat saat ini, perlu diklarifikasi bahwa emas batangan yang diimpor adalah dalam bentuk cast bar,” kata Imam dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Senin (21/6).

Menurutnya, dengan mengacu pada standar London Bullion Market Association (LBMA), cast bar ini adalah emas hasil dari proses peleburan (melting). “Kemudian setelah itu diikuti proses pengecoran (casting) lalu penandaan (marking),” jelas dosen Program Studi Teknik Metalurgi, ITB ini.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa selain sudah lumrah diketahui, proses pembuatan emas batangan tuang tersebut juga sederhana.

“Berdasarkan keilmuan metalurgi, pembuatan cast bar 1 kg yang dimaksud melibatkan proses yang cukup sederhana, yaitu emas hasil pemurnian electro-refining dilebur, lalu dicetak, dan kemudian diberi tanda. Menurut standar LBMA emas batangan ini harus ditandai (marking) dengan logo dan nomor seri,” jelasnya.

Kendati demikian, menurut Imam, ada perbedaan antara minted bar dan cast bar. Minted bar menurutnya, merupakan tipe produk emas batangan yang berbeda dari cast bar.

Editor : Estu Suryowati

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads