alexametrics

115 Juta UMKM Bisa Naik Kelas Asalkan Mampu Maksimalkan Online

25 Mei 2022, 23:46:47 WIB

JawaPos.com – Kontribusi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai 60 persen dari pendapatan nasional. Namun, mereka butuh dukungan kapasitas, pembiayaan, dan pemasaran untuk naik kelas.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyebutkan tiga rekomendasi agar UMKM maju. Pertama, meningkatkan kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan investor untuk mendukung usaha. Kedua, mendorong kebijakan di bidang keuangan dan infrastruktur agar dapat memberikan akses pendanaan dan legalitas.

“Serta meningkatkan program literasi digital keuangan untuk kesiapan investasi,” kata Teten Senin (23/5).

Berdasar riset Kemenkop UKM, pandemi Covid-19 paling memengaruhi pengusaha perempuan dengan angka 76 persen. Sebesar 64 persen dari 64 juta unit UMKM dimiliki perempuan.

Sementara itu, Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Keuangan Inklusif Bank Indonesia (BI) Elsya M.S. Chani menuturkan, jika pelaku usaha, khususnya UMKM, bisa memaksimalkan bisnis lewat online, sekitar 115 juta pelaku UMKM berpotensi naik kelas. “Ini pasar berpotensi menjadi middle class atau fluent consumer,” ungkapnya.

Namun, UMKM juga dihadapkan pada tantangan untuk naik kelas. Yakni, bersaing di pasar global. Mengingat, saat ini angka ekspor dari pelaku UMKM tanah air masih rendah, hanya 15,65 persen.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (han/c14/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads