alexametrics

Luhut Bercerita: Jokowi Cabut Subsidi BBM Demi Selamatkan Ekonomi RI

22 Februari 2019, 12:28:50 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bercerita, Jokowi mencabut subdidi BBM pada 2015 lalu untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia agar tidak terjadi resesi.

Dikatakan, saat itu kondisi ekonomi Indonesia dibayang-bayangi siklus resesi. Pada saat yang sama, nilai tukar Rupiah malemah, harga BBM naik, harga kebutuhan pokok juga ikut melonjak.

Dinamika itu membuat Jokowi harus putar otak. Mencegah terjadinya resesi. Luhut yang pada saat itu masih menjabat sebagai Kepala Kantor Staff Presiden (KSP) kemudian mengusulkan agar subsidi BBM dicabut. Agar tidak membebani keuangan negara. Subsidi dioptimalkan kepada sektor yang lebih produktif.

“Waktu itu saya berikan saran bapak harus mencabut subsidi, memang ada wacana itu sebelum beliau masuk ke kantor,” ujarnya saat memberi sambutan dalam Lecture Series on Indonesia’s Maritime Diplomacy di Auditorium CSIS, Jakarta, Jumat (22/2).

Luhut juga memberitahu bahwa keputusan tersebut akan membuat mendapat protes keras dan menurunkan popularitas Presiden Jokowi. 

“Saat itu banyak masukkan kalau dicabut nanti jadi begini begitu dan lainnya. Pak Purbaya sebagai staff saya, kita harus cabut subsidi agar bisa menggelontorkan ke bawah,” kata dia.

Beruntunglah, kebijakan disarankan itu mampu mencegah terjadinya resesi ekonomi. Ekonomi Indonesia pada saat itu tercatat mengalami penurnan menjadi 4,79 persen.

“Memang kami sarankan kalau diturunkan maka hampir 6 bulan popularitas akan turun tapi akan rebound setelah ekonomi jalan. Kita lakukan,” tuturnya.

“Siklus ekonomi Indonesia itu setiap 7 tahun ada peluang mengalami resesi. Pertama terjadi adalah tahun 98. Dampaknya adalah tumbangnya pemerintahan Soeharto dan itu kemudian hampir terjadi lagi tahun 2006-2007, lalu terjadi lagi pada zaman Gus Dur sekitar 2001 dan hampir terjadi lagi pada SBY 2008 dan hampir terjadi lagi di 2015,” tandasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi

Copy Editor :

Luhut Bercerita: Jokowi Cabut Subsidi BBM Demi Selamatkan Ekonomi RI