alexametrics

Erick Thohir Jelaskan Makna Kemerdekaan Adalah Sebuah Kedaulatan

17 Agustus 2021, 14:54:56 WIB

JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memaknai arti kemerdekaan adalah sebuah kedaulatan. Pihaknya sebagai perusahaan negara berkomitmen menggunakan segala daya serta upaya untuk mengisi sebaik-baiknya kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya, kemerdekaan adalah memastikan kedaulatan dari berbagai aspek mulai dari karya anak bangsa, hingga potensi SDM dalam menangun bangsa dan negara untuk terus maju dan lebih baik.

“Merdeka adalah memastikan kedaulatan karya dari SDM terbaik negeri kita. Merdeka adalah memastikan kedaulatan peran perempuan, anak muda, dari seluruh pelosok negeri, dalam membangun bangsa dan negara,” ujarnya dalam akun sosial medianya, Selasa (17/8).

Kemudian, kemerdekaan adalah memastikan kemandirian dan pemanfaatan sumber daya alam tanah air untuk seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga seluruh bangsa Indonesia dapat menikmati hasil bumi secara berkeadilan mulai dari listrik hingga bahan bakar minyak (BBM).

“Merdeka adalah memastikan kedaulatan energi, listrik untuk rakyat, BBM satu harga, Freeport dan Blok Rokan yang telah kembali pada pangkuan Ibu Pertiwi,” ucapnya.

Erick melanjutkan, arti merdeka juga kepastian mendapatkan akses pembiayaan bagi seluruh usaha masyarakat Indonesia untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya yang nantinya akan berkontribusi pada perekonomian negara.

“Merdeka adalah memastikan kedaulatan UMKM dan usaha perempuan Indonesia, bersama Mekaar dan PNM serta Kredit Usaha Rakyat dari Himbara,” tuturnya.

Lalu, merdeka adalah tentang mendapatkan kemudahan fasilitas infrastruktur seperti tekonologi, informasi, logistik, dan transportasi untuk merekatkan kemajemukan bangsa.

“Merdeka adalah memastikan kedaulatan teknologi dan digitalisasi, melalui ekosistem BUMN Holding Telekomuniasi dan Media. Merdeka adalah memastikan kedaulatan bicara dan lalu lintas logistik yang terhubung melalui jalan tol, bandara, pelabuhan, stasiun, dan moda transportasi lainnya,” jelasnya.

Erick menambahkan, dalam menyambut kemerdekaan tahun ini yang masih diliputi oleh pandemi Covid-19, kemerdekaan adakah kepastian hak warga negara untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak.

“Merdeka adalah memastikan kedaulatan dalam melayani kesehatan untuk rakyat. Menyediakan vaksinasi, oksigen, rumah sakit, rumah sakit darurat, obat, vitamin, hingga mengantar ke rumah-rumah pasien isoman, melalui BUMN Holding Farmasi dan Kesehatan,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads