alexametrics

Kritik Rieke Diah Pitaloka ke Pemerintah Soal Kelangkaan Minyak Goreng

14 Maret 2022, 16:09:07 WIB

JawaPos.com – Kelangkaan minyak goreng masih terus terjadi di tengah masyarakat. Padahal, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan operasi pasar guna meredam kelangkaan ini,.

Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka pun menyampaikan bahwa kelangkaan minyak goreng ini juga terkait bagaimana kebijakan terkait pangan itu harus berbasis data yang akurat. Bukan hanya sekadar reaksi spontan saja.

“Harus segera disusun dan diputuskan tentang sistem niaga pangan nasional yang terintegrasi dari hulu sampai hilir yang kemudian bukan hanya sekedar reaksioner, atau ibaratnya pemadam kebakaran itu yang kebijakannya hanya sesaat dan itu hanya dilakukan, misalnya dengan adanya operasi pasar,” kata dia kepada wartawan, Senin (14/3).

Dia berharap kebijakan sistem tata niaga pangan nasional ini mendapatkan dukungan dari seluruh pihak. Sebab, ini adalah masalah yang melibatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Masalah pangan ini masalah yang penting, masalah yang sangat krusial signifikan untuk kehidupan kita semua, masyarakat terutama,” jelasnya.

Oleh karena itu, dengan adanya kasus-kasus seperti sekarang ini, harusnya pemerintah lebih memahami kondisinya. Situasi ini sudah tidak bisa ditunda lagi.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: