alexametrics

Penuhi Kebutuhan Karyawan dengan Flexible Benefit!

13 Juli 2020, 13:19:29 WIB

JawaPos.com – Karyawan merupakan aset utama perusahaan yang sangat harus dijaga. Sudah terbukti bahwa kesuksesan perusahaan berbanding lurus dengan bagaimana karyawan bekerja, dan sebaliknya. Jika karyawan tidak merasa senang dengan lingkungan pekerjaan atau cara manajemen mengelola karyawan, maka tentunya produktivitas kerja akan menurun yang berakibat ke menurunnya kesuksesan perusahaan.

Jika perusahaan terus memaksa dan mendorong karyawan tanpa motivasi, maka upaya tersebut akan percuma. Karyawan juga membutuhkan rasa penghargaan, didengar, dan diperhatikan atas kerja keras yang telah mereka sumbang selama bekerja. Manajemen perusahaan harus bisa lebih terbuka, dan mendengarkan, dan mencoba menyediakan kebutuhan karyawan.

Sudah hampir 5 bulan lamanya, Indonesia dilanda bencana non-alam akibat pandemi virus Covid-19, dan hingga saat ini masih belum ditemukan vaksin ataupun obat untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Untuk mengantisipasi penyebaran lebih lanjut, pemerintah mengadakan pembatasan sosial selama beberapa bulan terakhir, para pekerja pun dipaksa untuk melanjutkan kegiatan bekerja dari rumah masing-masing.

Sebagai seorang HR atau anggota manajemen di perusahaan, tentunya kita diminta untuk tetap menjaga komunikasi dengan karyawan dari rumah sekalipun. GreatDay HR merupakan salah satu penyedia HRIS di Indonesia, yang sudah 20 tahun membantu para HRD menjawab tantangan yang kian bertambah seiring berjalannya waktu. Salah satu kunci dalam kesuksesan perusahaan adalah, menjaga komunikasi dengan karyawan. Selama menjalani skema Work from Home, tentunya komunikasi tatap muka akan berpindah ke ranah digital.

Untuk menjaga komunikasi antar karyawan dan perusahaan tetap terjaga, GreatDay HR memiliki fitur timeline pribadi untuk masing-masing pengguna. Semua pengguna atau karyawan bisa dengan mudah mengakses timeline tersebut dari ponsel masing-masing, hal ini berkat bentuk software GreatDay HR yang berbasis aplikasi. Dalam timeline tersebut, masing-masing karyawan dapat membagikan update seputar pekerjaan, kantor, atau hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan kerja. Setiap karyawan juga bisa mengobrol secara pribadi melalui fitur chat personal.

Selain kebutuhan komunikasi, perusahaan juga sebaiknya memperhatikan kondisi kesehatan karyawan selama bekerja di rumah maupun di kantor. Kini, asuransi mulai banyak diminati masyarakat sebagai langkah prevensi dan penjaminan apabila sewaktu-waktu jatuh sakit. Tidak jarang juga, perusahaan menyediakan asuransi sebagai salah satu manfaat untuk karyawan.

Ada dua macam asuransi yang bisa membantu melindungi diri dan karyawan di masa pandemi seperti; Asuransi Kesehatan, dan Asuransi Jiwa. Asuransi kesehatan adalah sebuah bentuk pertanggungan dalam membayar biaya medis. Biaya medis yang dimaksud bisa berupa; konsultasi dengan dokter, tindakan, bedah, atau perawatan medis. Biaya yang ditanggung biasa disebut sebagai polis asuransi, ada yang berfungsi langsung untuk pelunasan, atau mengganti biaya setelah pembayaran.

Asuransi jiwa adalah sebuah bentuk tanggungan untuk melindungi keluarga atau pemilik premi asuransi dari kerugian finansial, PHK, atau kematian anggota keluarga yang menjadi tulang punggung (pencari nafkah). Asuransi jiwa biasanya digunakan sebagai bentuk antisipasi bila sang pencari nafkah meninggal atau kehilangan sumber penghasilan, sehingga mereka yang ditinggalkan bisa tetap mendapatkan santunan untuk melanjutkan hidup.

Untuk membantu perusahaan dalam upaya menyediakan kebutuhan karyawan, GreatDay HR menyediakan fitur Flexible Benefit, dimana perusahaan bisa menganjurkan karyawannya untuk membeli polis asuransi sesuai kebutuhan. Memiliki asuransi atau membeli premi asuransi merupakan langkah yang cerdas dan penuh perhitungan. Bersama berbagai mitra yang terpercaya, polis asuransi Flexible Benefit bisa langsung diakses dan dibeli melalui aplikasi mobile GreatDay HR.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



Close Ads