alexametrics

Diskon Pajak Mobil Baru, Sejumlah APM Akui Permintaan Naik 50 Persen

11 Maret 2021, 22:15:03 WIB

JawaPos.com – Relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) sudah berjalan sepekan. Masyarakat menyambut positif kebijakan tersebut. Geliat peningkatan penjualan sudah terasa. Agen pemegang merek (APM) mengantongi peningkatan surat pemesanan kendaraan (SPK) rata-rata lebih dari 50 persen jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Para pelaku industri otomotif menegaskan, insentif PPnBM menjadi angin segar bagi pasar otomotif tanah air. Juga, manufaktur kendaraan roda empat lokal di tengah pandemi Covid-19.

“Kebijakan ini tentu membuat kami sangat percaya diri untuk menaikkan penjualan dari model-model yang mendapatkan insentif,” ujar Vice President Toyota Astra Motor Henry Tanoto Rabu (10/3).

Menurut Henry, setelah pemerintah mengumumkan kebijakan relaksasi PPnBM, pihaknya menerima banyak respons positif. “Tentu kami akan mendukung dan berupaya berkontribusi pada target pemerintah untuk peningkatan penjualan hingga 82 ribu unit,” katanya.

Respons senada disampaikan Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy. “Terjadi peningkatan permintaan hingga 50 persen jika dibandingkan dengan bulan lalu pada periode yang sama. Honda menargetkan mampu mempertahankan market share 14 persen,” jelasnya.

Animo masyarakat terhadap relaksasi otomotif itu dimanfaatkan APM untuk membuka keran produk baru. Kemarin Wuling Motors Indonesia meluncurkan versi penyegaran alias face-lift MPV andalannya. Yakni, Confero. Produk baru yang dinamai Confero S itu juga mendapatkan relaksasi PPnBM.

Model tersebut diproduksi pada fasilitas perakitan Wuling di Cikarang, Bekasi.

Berdasar data Kementerian Perindustrian, Confero memiliki kandungan local purchase 70,5 persen. Wuling Confero mengisi segmen low MPV dan bersaing dengan banyak produk lain. Di antaranya, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Nissan Livina, dan Honda Mobilio.

Assistant President Director Wuling Motors Indonesia Han Dehong menyatakan, Confero merupakan line-up pembuka Wuling untuk pasar tanah air. “Kami bakal terus berinovasi dengan meluncurkan produk-produk baru,” kata Dehong.

PENJUALAN KENDARAAN RODA EMPAT 2021

Bulan | Volume Penjualan (Unit) Wholesales | Retail Sales

Januari | 52.910 | 53.000

Februari | 49.202 | 46.943

*) Keterangan

Wholesales: Penjualan dari pabrik ke diler

Retail sales: Penjualan dari diler ke konsumen

Sumber: Gaikindo

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (agf/c14/hep)

Saksikan video menarik berikut ini: