JawaPos Radar | Iklan Jitu

Perusahaan Asia Tak Segan Beri Gaji Tinggi Karyawan Jago Bidang Ini

06 Desember 2018, 19:44:36 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Perusahaan Asia Tak Segan Beri Gaji Tinggi Karyawan Jago Bidang Ini
Ilustrasi (MUHAMAD ALI/JAWA POS)
Share this

JawaPos.com - Dalam studi yang dilakukan perusahaan konsultasi sumber daya manusia (SDM) berbasis teknologi, Mercer, disebutkan bahwa kelangkaan tenaga ahli punya peran penting dalam membentuk tren remunerasi gaji. Oleh sebab itu, perusahaan tak akan segan memberikan gaji tinggi bagi karyawan yang memiliki talenta mumpuni sesuai kebutuhan perusahaan.

Studi Mercer mengungkapkan 48 persen perusahaan di Asia mengalami kesulitan mengisi posisi kosong sementara 38 persen perusahaan lainnya kesulitan menemukan talenta yang tepat untuk mendukung ekspansi bisnis mereka.

Oleh karena itu, karyawan dengan posisi spesialis penjualan atau teknik, serta karyawan yang memiliki keahlian bahasa lokal bisa diberi gaji yang tinggi oleh perusahaan. Di samping itu, keahlian digital juga menjadi nilai plus yang akan menambah daya tawar seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan.

Hal tersebut mencerminkan adanya tantangan dalam bentuk gaji yang lebih tinggi untuk karyawan baru, biaya perekrutan, dan penurunan produksi selama proses perekrutan yang akan berdampak negatif terhadap biaya operasi dan margin.

“Sebagai mesin pertumbuhan dunia, Asia melihat permintaan yang berkelanjutan terhadap tenaga kerja yang memiliki keahlian, terutama keahlian digital,” kata Partner and Career Business Leader for International Region Mercer Puneet Swani di Jakarta, Kamis (6/12).

Dalam studi tersebut, Mercer juga melaporkan bahwa utamanya perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik telah memiliki pandangan holistik terhadap filosofi penghargaan dan karyawan. Misalnya seperti meningkatkan pengalaman program yang dapat menghasilkan pengalaman karir yang berharga dan fleksibel, serta program untuk membantu mengelola kesejahteraan fisik, finansial serta emosional karyawan.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up