alexametrics

Antam Gandeng Warga Haltim Kembangkan Lebah Madu Apis Cerana

4 Agustus 2022, 10:35:25 WIB

JawaPos.com – PT Antam Tbk (Antam) bersama masyarakat Subaim Wasile, Halmahera Timur (Haltim) fokus mengembangkan lebah madu berjenis Apis Cerana. Usaha itu pun dikembangkan melaui skema pembentukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Antam bersinergi dengan peternak lebah madu yang telah menjadi mitra binaan perusahaan di sekitar wilayah operasi UBP Nikel Maluku Utara untuk meningkatkan mutu lebah madu agar dapat menghasilkan produk yang lebih baik,” ujar Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Kamis (4/8).

Faisal juga menyebut, perusahaannya telah melakukan pelatihan dan pendampingan kepada peternak lebah madu. “Upaya ini dilakukan untuk pengembangan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasi dan sebagai upaya untuk membuka lapangan kerja baru,” katanya.

Upaya pengembangan potensi lebah madu apis cerana telah dilakukan sejak 2021 di antaranya dengan menggelar workshop budidaya, pengolahan dan pengemasan lebah madu yang diikuti oleh mitra binaan Antam yang sudah memulai budaya lebah madu secara tradisional.

Pada bulan Juli lalu, Antam kembali menggelar pelatihan dan pendampingan peningkatan mutu pengolahan lebah madu Halmahera yang diikuti 30 peserta UMKM mitra binaan. Pada kegiatan pelatihan tersebut, para peserta diberikan wawasan untuk meningkatkan hasil produksi, keterampilan peterna, serta strategi marketing guna meningkatkan dan mengembangkan budidaya madu lokal.

Muhajir, salah seorang peserta pelatihan mengaku mendapatkan manfaat positif dari pelatihan dan pendampingan yang dilakukan Antam.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini: