alexametrics

8 Langkah Desain Rumah Minimalis yang Cocok Bagi Pasangan Muda

17 Juni 2019, 15:01:16 WIB

JawaPos.com – Punya rumah sendiri sering menjadi hal yang tak mudah diwujudkan, mengingat harga properti memang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terlebih bagi pasangan yang baru menikah.

Nah, bagi Anda yang baru menikah, tak ada salahnya pertimbangkan memiliki rumah minimalis dengan dua kamar tidur. Dengan rumah minimalis, Anda bisa mengatur tata letak barang agar terlihat lebih simple dan elegan. Sehingga rumah Anda tetap terlihat cantik dan menarik.

Perlu diingat, desain rumah minimalis memang banyak yang unik. Akan tetapi., pilih dan sesuaikan desain  dengan luas lahan yang Anda miliki. Sehingga rumah tetap enak dilihat dan nyaman.

Jika masih bingung dengan desain, ada 8 langkah pilihan mendesain rumah minimalis bagi pasangan muda. Seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (17/6), kedelapan langkah ini meliputi desain dapur, kamar anak, dan tangga.

Meletakkan tanaman segar di dalam rumah bisa membuat suasana menjadi asri. (Garden)

1. Rumah yang Terdiri dari Empat Ruangan

Jika Anda hanya memiliki area lahan terbatas, maka Anda bisa memilih desain rumah minimalis dengan 4 ruangan saja. Yakni: 2 kamar tidur, ruang tamu, dan juga kamar mandi. Anda bisa membangun garasi/carport yang bersisian dengan taman kecil pada area depan. Jika memiliki lahan sisa, Anda bahkan bisa menjadikannya sebagai taman di area belakang rumah.

2. Desain Tiap Ruang Seminimalis Mungkin

Biar ruangan tampak nyaman meski tidak berukuran besar, desain setiap ruangan harus dibuta minimalis dengan perabot yang multi fungsi. Sehingga meski rumah Anda minimalis, tapi semua kebutuhan bisa dipenuhi dengan berbagai perabot rumah tangga yang memiliki banyak fungsi.

3. Buat Area Dapur Tanpa Sekat

Dengan tanpa menyekat area dapur, maka ruangan akan terasa luas. Anda bisa menempatkan area dapur menyatu dengan ruang tempat makan. Pilih kitchen set sesuai kebutuhan dan area. Lalu pilih meja dan kursi makan yang minimalis. Sehingga ruang ini menjadi akan lebih terasa luas dari yang sesungguhnya.

4. Lengkapi dengan Lantai Kayu biar Hangat

Bagi Anda yang menginginkan rumah dengan nuansa hangat dan terasa nyaman sepanjang waktu, tidak ada salahnya menggunakan material kayu sebagai bahan utamanya. Pemilihan bahan kayu ini akan membuat rumah minimalis terlihat semakin unik dan menarik, meskipun hanya berukuran kecil saja. Anda bisa mengaplikasikan material kayu ini pada bagian lantai dan juga beberapa dinding rumah. Lantai kayu ini biasa disebut parket. Dengan demikian ruangan rumah Anda akan terkesan elegan meski minimalis.

5. Siapkan juga kamar anak

Meski Anda membangun rumah ketika belum memiliki anak, bukan berarti tidak perlu mempersiapkan yang satu ini. Anda perlu mempersiapkan sebuah kamar khusus untuk anak, sehingga Anda dan pasangan sudah semakin siap untuk segera memiliki momongan. Buatlah desain kamar yang unisex dan cocok dipakai oleh anak perempuan dan juga laki-laki, agar kelak Anda tidak perlu lagi mengubahnya.

6. Pertimbangkan Letak Tangga jika Berniat Bangun Lantai Dua

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk kelak membangun rumah Anda menjadi 2 lantai,
maka pertimbangkan hal tersebut sejak awal. Cermati area pembangunan tangga ke lantai 2 tersebut. Sehingga Anda kelak tidak lagi perlu membongkar atau merenovasi area lantai 1 ketika membangun lantai 2 tersebut. Selain hemat biaya, ini juga akan menghemat tenaga.

7. Membuat Taman Hijau pada Beberapa Titik

Bagi Anda yang menginginkan nuansa sejuk sepanjang hari, maka Anda bisa membuat taman pada beberapa titik di rumah Anda. Anda bisa membuat taman kecil yang bersisian dengan carport di halaman depan. Selain sejuk, taman indah seperti ini akan membuat Anda betah di rumah.

8. Letakkan Tanaman Segar atau Buat Taman Kecil di dalam Rumah

Meletakkan tanaman segar di dalam rumah bisa membuat suasana menjadi asri. Anda bisa menaruh beraneka tanaman dalam pot di beberapa titik ruangan. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat taman kecil di dalam rumah. Taman pada area dalam rumah seperti ini akan membuat suasana rumah lebih adem dan nyaman, apalagi jika Anda tambahan sebuah kolam kecil di tengahnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah



Close Ads