alexametrics

Berkunjung ke Wisata Edukasi Berkuda dan Panahan di Sidoarjo

9 Mei 2021, 14:48:56 WIB

Wahana wisata di Sidoarjo kini makin lengkap. Terbaru, Kota Delta memiliki area wisata edukasi berkuda dan panahan. Letaknya di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin.

SETIAP sore, biasanya banyak warga yang datang ke wahana tersebut. Mayoritas adalah mama muda (mamud). Mereka memenuhi kursi penonton sambil membawa anak mereka yang belum remaja. Mereka menyaksikan para penunggang kuda beraksi di lapangan.

Area wisata berkuda dan panahan tersebut memang memiliki konsep yang terbuka. Bagian tengahnya berupa lahan sangat luas yang dikelilingi pagar pembatas dari besi.

Di lahan itulah, para penunggang kuda beraksi. Ada para atlet olahraga berkuda. Ada pula warga yang ingin menjajal kemampuan untuk menunggangi kuda dengan berbayar.

Wisata edukasi olahraga berkuda dan panahan tersebut diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 24 Oktober 2020. Di lokasi itu, pengunjung dan warga yang datang bisa berlatih menunggang kuda serta belajar memanah.

Sang pendiri, Zahlul Yussar, mengisahkan berdirinya objek wisata tersebut. Awalnya, empat tahun silam, dia memelopori kegiatan berkuda melalui Yussar Stable and Riding Club yang didirikannya. ”Sebelumnya, kegiatan berkuda itu dilakukan di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi. Dengan menyewa lapangan yang harus bergantian dengan jadwal pasar malam,” katanya.

Kondisi tersebut tentu tidak nyaman. Namun, Yussar tidak patah arang. Dia tetap mengembangkan aktivitas berkuda. Hingga banyak muridnya yang menjadi atlet nasional.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : may/c12/ris

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads