alexametrics

Cicipi Lezatnya Daging Wagyu yang Kaya Protein dan Zat Besi Bagi Tubuh

11 Juli 2019, 08:40:52 WIB

JawaPos.com – Daging wagyu kini kian populer. Terbukti banyak resto yang menghidangkan menu wagyu baik sebagai kreasi hidangan utama atau rasa pada makanan. Seringkali wagyu juga dihidangkan dengan cita rasa pedas. Dagingnya khas, lebih tebal dan membuat perut lebih kenyang.

Dilansir dari Live Strong, Kamis (11/7), ukuran penyajian makanan memengaruhi kalori dan kandungan nutrisi dari makanan tersebut. Ukuran penyajian wagyu harus dalam satuan dan porsi yang tepat. Daging umumnya diukur dalam ons. Bayangkan, 4 ons porsi daging sapi wagyu mengandung 330 kalori, atau sekitar 83 kalori per ons. Sebagai perbandingan, 4 ons porsi 95 persen daging tanpa lemak mengandung 193 kalori. Artinya daging wagyu mengandung kalori lebih tinggi.

Daging sapi hitam Kagoshima yang dijadika sushi. (Hotel Mulia Senayan)

Selain alasan itu, daging wagyu tentu memiliki kandungan protein yang tinggi. pria dewasa membutuhkan 56 gram protein sehari, dan perempuan membutuhkan 46 gram protein sehari. Sebanyak 4 ons porsi daging sapi wagyu mengandung 18 gram protein, memenuhi 30 hingga 40 persen dari kebutuhan protein harian. Sebagai perbandingan, 4 ons porsi 95 persen daging tanpa lemak mengandung 29 gram protein. Sebagai sumber protein hewani, daging sapi wagyu mengandung semua asam amino esensial, menjadikannya sumber protein lengkap.

Zat besi pada daging wagyu juga kaya. Kadar zat besi darah yang buruk dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan kekebalan tubuh. Anemia kekurangan zat besi adalah gangguan gizi yang paling umum terjadi. Pria dewasa di atas usia 51 tahun membutuhkan 8 miligram zat besi dalam sehari. Sedangkan perempuan berusia antara 19 dan 50 tahun membutuhkan 18 miligram zat besi sehari. Sebanyak 4 ons porsi daging wagyu menyediakan 10 persen dari kebutuhan zat besi harian, atau sekitar 2 mg.

Dan kini, dalam keterangan tertulis Hotel Mulia Senayan, Kamis (11/7), para penggemar wagyu dapat menikmati sensasi rasa daging sapi istimewa pemenang penghargaan Kagoshima Prefecture, Jepang itu, di Edogin, Hotel Mulia Senayan mulai 17 hingga 24 Juli 2019. Menu ini adalah hidangan kontemporer Jepang.

Daging sapi hitam Kagoshima yang lembut memiliki tekstur marmer. Tim kuliner Edogin menyiapkan berbagai varian istimewa untuk hidangan ini, termasuk Wagyu Carpaccio. Wagyu Aburi Sushi, Wagyu Sushi Maki,  dan Wagyu Steak Don.

Daging sapi hitam Kagoshima berasal dari sapi pilihan yang hidup di peternakan sapi di pulau tropis yang mendapatkan paparan sinar matahari cukup. serta lingkungan yang hangat. Karakteristik utama daging istimewa ini adalah tekstur yang lembut dengan rasa sempurna memenuhi mulut dengan tampilan serat otot dan tekstur marmer. Melihat popularitas daging wagyu Jepang yang kaya rasa dan gizi, ini merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung kembali ke Edogin.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads