alexametrics

Vaksinasi Siswa di Sekolah Ini Semi-Drive-thru

22 Juli 2021, 20:18:14 WIB

JawaPos.com – Vaksinasi pada siswa sekolah terus dikebut. Rabu (21/7) giliran siswa-siswa SMP Kr. Gloria 1 kebagian jatah vaksin. Sebanyak 500 dosis vaksin Sinovac diberikan bagi siswa jenjang kelas VII hingga IX.

Seperti pelaksanaan vaksinasi biasanya, siswa terlebih dahulu diminta melengkapi berkas dan data diri. ”Sejak awal sudah diinfo ada consent form yang harus diisi, perlu dibawa juga kartu pelajar dan kartu keluarga,” ucap Kepala SMP Kr. Gloria 1 Kim Ruthie.

Alur pemberian vaksin dibuat seefisien-efisiennya. Pengelola sekolah membuka dua pintu gedung sekolah untuk pintu keluar dan pintu masuk. ”Semidrive-thru ya. Jadi, siswa turun untuk pemeriksaan awal, kemudian suntik,” ucap Kim. Selanjutnya, siswa bisa langsung naik kendaraan di pintu keluar, tepat di belakang meja vaksin.

Lokasi yang digunakan adalah lorong sekolah dan lapangan terbuka untuk pemeriksaan dan penyuntikan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tak ada kerumunan di ruang tertutup. Jarak antarmeja juga lebih lebar. Dalam waktu 10 menit, siswa sudah bisa menyelesaikan administrasi, pemeriksaan awal, dan penyuntikan. ”Bahkan lima menit juga bisa kalau tidak ada antrean,” imbuh Kim.

Empat vaksinator dikerahkan dari Puskesmas Dukuh Kupang, Klinik Abdi Mulia, dan perawat UKS sekolah. Selanjutnya, pemantauan KIPI dilakukan di rumah. Setelah penyuntikan, siswa bisa langsung pulang. ”Nanti orang tua bisa langsung info ke sekolah jika ada keluhan,” jelasnya. Meski begitu, Kim cukup optimistis bahwa KIPI bakal minimum. Pengguna vaksin Sinovac sudah cukup banyak dan belum ditemukan KIPI memberatkan.

Vaksinasi siswa SMP tersebut dihelat dalam satu hari saja. Sebelumnya, tim satgas sekolah merencanakan dua hari kegiatan vaksinasi. ”Tapi, SDM yang ada memang terbatas. Jadi, kita awalnya hanya sampai pukul 12.00, dibuka jadi hingga 15.00 untuk semua kelas,” tutur perempuan berambut ikal itu. Pihaknya juga meminta siswa untuk ikut berkampanye tentang pentingnya vaksin di tengah wabah. ”Beruntung, semuanya antuias,” sambung Kim.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : dya/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads