alexametrics

Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Arsitektur Wisata Ampel

17 Juni 2022, 06:46:50 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Surabaya menggelar sayembara desain arsitektur pembangunan kawasan penunjang Wisata Religi Makam Sunan Ampel. Sayembara itu untuk mengembangkan potensi destinasi pariwisata di Kota Pahlawan, khususnya di kawasan Wisata Ampel.

”Lomba ini terbuka bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk desain arsitektur,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya Irvan Wahyudradjad seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Selain itu, lomba tersebut juga untuk mewadahi ide kreativitas anak bangsa di bidang arsitektur. Irvan menjelaskan, ada dua event yang diselenggarakan Pemkot Surabaya bersama krearture. Yakni penyelenggaraan sayembara desain masterplan kawasan Wisata Ampel dan menyelenggarakan webinar guna menambah kekayaan pengetahuan peserta dalam mendesain.

”Jadi, dalam sayembara ini, masyarakat dapat berkontribusi sebagai penunjang mewujudkan kemajuan arsitektur Kota Surabaya khususnya Wisata Ampel,” ujar Irvan.

Pada sayembara tersebut, lanjut dia, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh peserta. Di antaranya adalah bangunan cagar budaya di lahan Wisata Ampel. Oleh karena itu, dalam pengembangan desain kawasan itu, peserta harus memperhatikan keselarasan dengan bangunan yang ada di sekitarnya.

Irvan menyampaikan, sayembara desain Wisata Ampel terbuka untuk mahasiswa arsitek, arsitek, maupun arsitek lanskap, dari seluruh Indonesia. Sedangkan webinar konsep desain wisata yang terintegrasi juga terbuka untuk umum, mahasiswa arsitek, arsitek, maupun arsitek lanskap.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: