alexametrics

Unair Sebut Temuan ITD Bukan dari Lonjakan Kasus Bangkalan

10 Juni 2021, 07:20:59 WIB

JawaPos.com–Rektor Universitas Airlangga Surabaya Mohammad Nasih menegaskan, temuan varian baru Covid-19 oleh Institute of Tropical Disease (ITD) bukan spesimen dari lonjakan kasus di Kabupaten Bangkalan, dalam beberapa hari terakhir ini.

”Varian Covid-19 B117 yang ditemukan dari spesimen warga Bangkalan merupakan sampel yang masuk pada 12 Mei,” kata Mohammad Nasih seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Dia menjelaskan, hasil whole genome sequencing yang baru diumumkan ITD juga bukan disengaja bertepatan dengan kasus yang sedang tinggi di Bangkalan hingga menjadi perhatian nasional. Proses untuk menganalisis strain suatu virus, memang membutuhkan waktu lama.

”Yang beredar itu adalah temuan sebulan lalu, bukan sekarang. Jangan dikaitkan, sebab nanti bisa berpengaruh pada psikologis para pasien,” ujar Mohammad Nasih.

Sampel varian Alpha Covid-19 itu, lanjut dia, berasal dari spesimen pekerja migran Indonesia (PMI) yang harus dites usap antigen dan PCR sebelum kembali ke daerah masing-masing. Setelah diketahui positif, mereka harus diisolasi secara terpusat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Sehingga kecil kemungkinan terjadi penularan di kampung halaman.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads