alexametrics

Bus Trans Jatim Segera Beroperasi, Sidoarjo-Gresik Cuma Rp 2.500

Penumpang Umum Rp 5.000
3 Agustus 2022, 15:49:17 WIB

JawaPos.com- Pilihan transportasi publik di wilayah aglomerasi Surabaya Raya kini makin banyak dan bertarif murah. Setelah KA komuter, kini ada bus Trans Jatim. Bus tersebut berangkat dari Porong, Sidoarjo, lalu melewati Kota Surabaya dan menuju ke Gresik dan sebaliknya. Rencananya, bus milik Pemprov Jatim itu mulai beroperasi pada 19 Agustus mendatang.

Selasa (2/8) kemarin, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim Nyono melakukan koordinasi menjelang pengoperasian Trans Jatim. Dalam kesempatan itu, Nyono menjelaskan, halte di Sidoarjo sudah siap.

Total ada 17 halte di Sidoarjo yang akan dilewati Trans Jatim. Sebelumnya, halte tersebut diperbaiki karena lama tidak digunakan. ”Pembangunan dan pemeliharaan halte sudah selesai pada akhir Juli,” ujar Nyono.

Rencananya, ada 22 bus medium yang siap beroperasi. Perinciannya, 20 bus beroperasi harian dan 2 bus cadangan. Jam operasional dimulai pukul 05.00 sampai pukul 21.00. Saat jam padat pada pagi dan sore hari, bus bakal berangkat setiap 15 menit. Saat siang, bus berangkat 30 menit sekali.

Jarak yang ditempuh rute Sidoarjo–Gresik sepanjang 71 kilometer, sedangkan sebaliknya sepanjang 74 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam 15 menit.

Tarif jarak jauh maupun dekat sama. Yakni, Rp 5.000 untuk umum dan Rp 2.500 untuk siswa maupun santri. Lebih murah daripada angkutan umum. Menurut perhitungan Dishub Jatim, tarif angkutan umum Sidoarjo–Gresik rata-rata mencapai Rp 22 ribu sampai Rp 25 ribu.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini: