Mario Suryo Aji Belajar Menenun sebelum Latihan                      

24 Januari 2023, 13:51:37 WIB

JawaPos.com – Tangan pembalap Indonesia Mario Suryo Aji tampak kaku memegang alat tenun songket khas Lombok yang ada di depannya. Kedua tangannya tampak ragu bergerak.

Saat itu, Ruslan Efendi, perajin songket yang menemaninya, memintanya menarik keras-keras alat tersebut agar terbentuk satu pola motif di kain itu.

’’Susah ya ternyata. Tapi, asyik banget,” ucap Mario sambil meneruskan aktivitas menenunnya. Dia lantas mengulanginya berkali-kali.

Pembalap Moto3 asal Indonesia itu kemarin (23/1) tiba di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mulai hari ini (24/1) pembalap asal Magetan, Jawa Timur, tersebut akan mulai melakukan latihan privat di Sirkuit Mandalika sebelum terbang ke Eropa untuk tampil di Moto3 2023. Dia akan berlatih selama empat hari sampai Jumat mendatang (27/1).

Nah, sebelum berlatih di lintasan hari ini, Mario berkesempatan mengunjungi perajin kain songket khas Lombok Dharma Setya.

Di sana pembalap berusia 18 tahun itu menjajal langsung pembuatan kain salah satu warisan budaya khas NTB tersebut.

Sebagai ABG, Mario memang memiliki perhatian lebih pada budaya Indonesia. Bahkan, di balapan Moto3 musim ini, Mario mengaku sudah menyiapkan kejutan dengan mengusung tema batik pada helm yang dikenakan sepanjang musim ini.

Helm tersebut menurut rencana di-launching secara resmi pada Jumat mendatang di sela-sela sesi latihan yang dia jalani. ’’Yang jelas, kita harus selalu cinta sama budaya Indonesia sendiri,” ucap Mario.

 

Editor : Candra Kurnia

Reporter : irr/c6/dra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads