alexametrics

Unggul Jauh Tetapi Akhirnya Kalah, Owi Berikan Nasihat Kepada Winny

20 September 2019, 16:08:28 WIB

JawaPos.com-Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow gagal memberikan kejutan pada lanjutan China Open 2019.

Bermain di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, Jiangsu, hari ini, Owi/Winny dilibas unggulan kedua asal Tiongkok Wang Yilyu/Huang Dongping dengan skor 22-24, 17-21. Hasil ini membuat Owi/Winny gagal menembus semifinal kejuaraan penting bertitel BWF Super 1000 tersebut.

Tontowi/Winny sejatinya bisa mengambil game pertama saat unggul jauh 16-9. Namun, kehilangan fokus dan banjir kesalahan sendiri membuat Wang/Huang bangkit dan menyamakan kedudukan 20-20. Saat Owi/Winny kehilangan momentum itulah, pasangan Tiongkok tak menyia-nyiakan kesempatan dengan tampil lebih agresif untuk memenangkan game pertama.

Pada game kedua, Tontowi/Winny kembali unggul jauh 9-4. Lagi-lagi Wang/Huang menyamakan kedudukan menjadi 10-10 dan pada akhirnya memenangkan pertandingan.

“Kalau dari pola permainan, sebenarnya sudah cukup baik. Dengan menerapkan pola kami, kami bisa dapat banyak poin. Tapi sudah unggul, tanpa disadari berubah sendiri polanya. Kemarin kan konsisten, misalnya main no lob ya no lob terus. Tadi di awal begitu, lawan tidak berkembang, tapi kami berubah pola lagi, jadinya main reli-reli,” kata Tontowi dalam siaran pers yang diterima Jawa Pos dari PP PBSI.

“Kami juga masih kurang cerdik dapat poin, masih monoton,” lanjut Tontowi.

“Memang ini adalah kebiasaan yang harus diperbaiki, khususnya dari saya, fokusnya masih sering hilang-hilang,” tambah Winny.

Sementara itu, Tontowi juga memberikan masukan kepada Winny bahwa dia harus lebih siap lagi dalam menghadapi pemain-pemain elite dunia.

“Kalau ketemu pemain top harusnya sudah bisa belajar, sayang kan kalau hilang banyak poin. Sudah 16-9 unggul dan terkejar harusnya tidak boleh. Saya pun dulu mengalami ini ketika berpasangan dengan Cik Butet (Liliyana Natsir). Kalau sudah unggul, saya mati-mati sendiri, makanya sekarang saya coba kasih tahu Winny. Sebetulnya kalau fokus, dia bisa,” tegas Tontowi.

Dengan kekalahan Owi/Winny tersebut, maka tidak ada satupun wakil ganda campuran Indonesia yang lolos ke semifinal China Open 2019.

Editor : Ainur Rohman



Close Ads