Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Tampung Orang Penderita HIV/AIDS Kategori Anak,Pemkot Solo Dirikan Ini

| editor : 

Sosialisasi HIV/AIDS

ILUSTRASI: Sosialisasi HIV/AIDS (Imam Husein/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com - Pemkot Solo terus berupaya untuk memberikan tempat perlindungan yang aman dan nyaman bagi para anak dengan HIV/AIDS (ADHA). Pemkot sudah menyiapkan tempat khusus atau selter yang nantinya digunakan untuk menampung para ADHA.

Sehingga mereka mendapatkan kehidupan yang layak seperti yang lainnya. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo kepada JawaPos.com, Kamis (30/11) menjelaskan, pembangunan rumah penampungan atau selter tersebut sudah rampung sepenuhnya.

Saat ini tinggal untuk melengkapi sejumlah fasilitas termasuk mebelernya. ''Sudah jadi rumahnya, tinggal melengkapi saja. Termasuk mebeler dan fasilitasnya, mungkin tahun depan sudah dipakai,'' kata Rudi.

Rudy menolak membocorkan di mana lokasi rumah penampungan tersebut. Hal itu salah satunya untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat selama ini keberadaan para ADHA sering mendapat penolakan dari warga.

Seperti penolakan yang sempat terjadi di Purwosari, Laweyan, dan juga Kedung Lumbu, Pasarkliwon saat para ADHA akan mencari tempat penampungan di dua kawasan tersebut.

''Nanti saja kalau mau diresmikan saya kasih tahu. Kalau yang ini tidak ada penolakan, karena jauh dari pemukiman. Dan ini dibangun di atas tanah milik Pemkot,'' katanya.

Rudy berharap, keberadaan selter ini mampu dimanfaatkan untuk menampung para ADHA yang selama ini "disia-siakan" oleh warga. Sehingga para ADHA ini bisa tumbuh seperti anak-anak normal lainnya.

Rudy juga meminta kepada warga masyarakat agar tidak mengucilkan ADHA. Pasalnya penyakit tersebut adalah dari orang tua mereka bukan karena mereka sendiri. Para ADHA tidak sepantasnya untuk dijauhi.

''Jangan menjauhi orangnya, tetapi jauhilah penyakitnya. Mereka hanya anak-anak yang terkena dari orang tua mereka,'' imbau Rudy kepada warga.

(apl/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP