Selasa, 17 Oct 2017
Logo JawaPos.com
Sepakbola Dunia

Knattspyrnufelag Reykjavikur, Klub Paling Sukses di Islandia

| editor : 

Islandia

Knattspyrnufélag Reykjavíkur, klub yang paling sukses di Islandia (Uefa.com)

JawaPos.com - Sepak bola merupakan olahraga favorit di Islandia. Berdasar itu, kompetisi di Islandia sudah dimulai sejak 1912. Terlepas dari hanya berlangsung 4 bulan lantaran kondisi cuaca yang ektrem, kompetisi sepak bola Islandia tetap dilakukan berjenjang.

Operator membagi kompetisi menjadi 5 kasta. Kompetisi level paling tinggi adalah Icelandic Premier League atau Urvalsdeild karla. Sejak 27 April 2009 disebut Pepsi-deildin karena mengacu pada sponsor Pepsi. Kasta tertinggi Liga Islandia ini diikuti 12 tim.

Kemudian di bawahnya adalah Icelandic First Division atau 1.deild karla. Level kelas dua ini juga diikuti 12 klub.

Kasta ketiga diberi nama Icelandic Second Division atau 2.deild karla yang terdiri dari 12 klub. Dan kasta keempat adalah Icelandic Third Division (3.deild karla) dan diikuti 10 klub.

Kemudian kasta kelima disebut Icelandic Fourth Division (4.deild karla). Kasta kelima ini dibagi dalam 4 grup. Grup A, C, dan D masing-masing terdiri dari 8 klub. Sedangkan Grup B terdiri dari 9 klub.

Klub paling sukses di Islandia adalah KR atau nama lengkapnya Knattspyrnufelag Reykjavikur. Klub ini telah 26 kali menjuarai kasta tertinggi Liga Islandia yakni Icelandic Premier League atau Urvalsdeild karla. Kemudian 14 kali juara Piala Islandia, 7 kali juara Piala Liga Islandia, dan 5 kali juara Piala Super Islandia.

Knattspyrnufelag Reykjavikur juga menjadi klub Islandia pertama yang tampil di ajang Liga Champions. Mereka melakukannya pada 1964-1965 saat masih bernama Piala Champions. KR langsung tersingkir pada babak awal lantaran dikalahkan Liverpool dengan agregat 1-11.

Klub terbanyak kedua yang meraih gelar juara liga kasta tertinggi Islandia adalah Valur. Mereka 21 kali juara Urvalsdeild karla dan merupakan juara bertahan pada musim 2017. Klub tersukses ketiga adalah Iprottabandalag Akraness yang telah 18 kali mengangkat trofi Urvalsdeild karla.

(epr/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP