alexametrics

Dipastikan Hadir di Indonesia, Huawei Mate 30 Tanpa Android?

27 September 2019, 13:48:14 WIB

JawaPos.com – Pekan lalu, Huawei Mate 30 Series meluncur di pasar global dengan spesifikasi mumpuni dan fitur menarik. Malahan, Huawei Mate 30 Pro performanya dikatakan mampu mengalahkan trio iPhone 11 terbaru serta ponsel flagship lainnya milik kompetitor.

Untuk pasar Indonesia, pihak Huawei memastikan bahwa Mate 30 Series bakal hadir di tanah air. Namun, di tengah perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok, pihak Huawei masih belum dapat memastikan apakah Huawei Mate 30 Series masih akan hadir dengan dukungan sistem operasi (OS) Android atau tidak.

Soal kehadiran Mate 30 Series, hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia Lo Khing Seng. “Mate 30 Series pasti direncanakan masuk ke Indonesia. Tapi kondisi perang dagang membuat kita terjepit,” ujarnya di Jakarta saat meluncurkan handset Nova 5T belum lama ini.

Deputy Country Director Huawei CBG Indonesia Lo Khing Seng (kanan) saat meluncurkan Nova 5T. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Menurut dia, kehadiran seri Mate 30 bisa saja tanpa layanan Google Mobile Service. “Bisa jadi. Kondisi itu tidak menentu bagi Huawei di tengah perang dagang. Bisa saja, Oktober ada pertemuan. Ada dua negara dan ada kesepakatan berubah,” katanya.

Meski sudah memastikan rencananya menghadirkan seri Mate 30 ke Indonesia, sayangnya dia enggan merinci kapan tanggal pastinya. Namun sebagai gambaran, Huawei Mate 20 di Indonesia sendiri hadir pada Desember tahun lalu.

Sementara tanggal peluncuran global Mate 20 sendiri adalah Oktober. Dengan kata lain, Huawei tak butuh waktu lama menghadirkan handset tersebut ke pasar Indonesia setelah peluncuran globalnya.

Sebagai informasi, Huawei Mate 30 Series diluncurkan di Munchen, Jerman. Huawei diketahui membesut ponsel tersebut tanpa layanan Google dengan menyematkan layanan mereka sendiri, yakni Huawei Mobile Services sebagai fungsionalitas dasar perangkat tersebut.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads