alexametrics

Bos Fraksi Bulan Sabit Kembar Bersyukur RUU PKS Batal Disahkan

26 September 2019, 22:59:19 WIB

JawaPos.com – Pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) akhirnya ditunda. Keputusan itu diambil dalam lobi tingkat pimpinan dewan.

“Alhamdulillah berkat pertolongan Allah, dan doa para ulama serta tokoh masyarakat, RUU PKS ditunda pengesahannya. Perjuangan kami ternyata tidak sia-sia,” ujar Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaeni di Gedung DPR, Senayan, Kamis (26/9)

Jazuli juga menuturkan, Fraksinya di DPR sejak awal konsisten menilai RUU ini jauh dari semangat nilai-nilai Pancasila, agama, dan budaya ketimuran. Itu sudah nampak dari rumusan naskah akademik dan pasal-pasalnya.

Untuk itu, lanjut Jazuli, perlu dilakukan kembali kajian mendalam dan perbaikan mendasar secara filosofis yang mengacu pada nilai-nilai tersebut.

“Fraksi PKS merasa berkewajiban melindungi warga bangsa dari kekerasan seksual tapi kami juga punya tanggung jawab moral untuk menjaga moralitas bangsa sesuai Pancasila dan konstitusi,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Anggota Komisi I ini, tokoh senior di partai berlambang bulan sabit kembar itu berharap nantinya ada undang-undang yang komprehensif dalam melindungi warga negaranya.

“Sudah benar RUU ini ditunda pengesahannya untuk menghasilkan RUU yang lebih kuat dalam mencegah dan menindak secara efektif segala bentuk kejahatan seksual dengan mengatasi akar masalahnya secara tepat sesuai nilai-nilai Pancasila dan konstitusi,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi



Close Ads