JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pilpres 2019

Mantan Ketumnya Dukung Jokowi-Ma'ruf, PAN Pecah?

16 November 2018, 00:18:22 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Soetrisno Bachir
Mantan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir dikabarkan telah menyatakan dukungan pada Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. (rmol/jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Majelis Penasihat Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir dikabarkan sudah memberikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pernyataan dukungan itu dipertegas dengan ucapannya yang menginginkan Ma'ruf menjadi wakil presiden menggantikan Jusuf Kalla.

Dukungan Soetrisno yang juga merupakan Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) itu pun disambut baik oleh Agung Laksono selaku Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Menurutnya, setiap dukungan kepada petahana sangat berarti. Karena bisa menambah peluang kemenangan di Pilpres 2019. Apalagi, dukungan seorang tokoh.

"Bagaimanapun, beliau adalah mantan ketua umum partai," ujar Agung di Gedung Joang Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/11).

Lebih lanjut, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar itu melihat bahwa selama ini Mas Tris (sapaan akrab Soetrisno, Red) gerak-geriknya memang mengindikasikan dukungan kepada Jokowi. Sehingga ketika isu ini menguat, tidak membuat koalisi kaget.

"Beliau (Tris, Red) juga selama ini tindak-tanduk sikapnya memang jelas memberikan dukungan kepada Pak Jokowi. Jadi itu memformalkan saja," jelas Agung.

Dari dukungan ini, Agung menilai suara PAN di Pilpres 2019 akan terpecah. Karena Mas Tris akan membuat para pengikutnya memilih pasangan petahana.

"Mungkin (suara PAN pecah, Red) karena setiap tokoh punya pasukan punya pendukung, punya fans sendiri, saya kira wajar seperti itu," pungkasnya.

Sebelumnya, Mas Tris mengatakan, dirinya berharap Ma'ruf Amin bisa menjadi wakil presiden menggantikan Jusuf Kalla. Hak itu disampaikannya saat menghadiri peluncuran buku Arus Baru Ekonomi Indonesia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

"Mudah-mudahan wakil presidennya Pak Kiai Ma'ruf Amin yang memang pemikirannya sejalan dengan KEIN," katanya.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up