alexametrics

AHY: Jangan Sampai yang Kalah Tidak Jadi Elemen Besar Bagi Indonesia

10 September 2019, 11:55:04 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak sependapat dengan prinsip yang menang akan mendapatkan segalanya. Hal itu karena tidak mencerminkan semangat kekeluargaan. Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga sependapat dengan SBY.

AHY mengatakan ‎tatatan bangsa ini yang sudah dibangun dengan semangat kekeluargaan jangan sampai dirusak dengan prinsip si pemenang akan mendapatkan segala hal.‎ “Jadi jangan sampai kemudian dalam tatanan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara termasuk kehidupan politik kita, ketika ada elemen yang menang begitu, kemudian yang lainnya tidak menjadi bagian besar dari bangsa ini,” ujar AHY di Cikeas, Jawa Barat, Senin (9/9) malam.

Menurut AHY, si pemenang perlu merangkul yang kalah dan mengayomi bagi semua pihak. Hal ini pun akan menimbulkan politik Indonesia yang guyub dan rukun. Karena kerukunan ini adalah cermin bagi bangsa besar Indonesia ini. “Kita harus dapat saling mengayomi, saling mengakomodasi harapan masyarakat kita yang begitu luas yang begitu majemuk,” katanya.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini juga berharap ke depan politik di Indonesia juga semakin baik atau semakin bisa menghargai perbedaan. Sehingga perbedaan itu bukan malah dijauhi tapi dirangul demi kemajuan Indonesia. “Jadi merangkul perbedaan yang ada di antara kita bukan justru membentur-benturkan perbedaan termasuk perbedaan identitas dan harapannya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, SBY ‎mengatakan tidak cocok dengan sistem yang ada saat ini. Misalnya pemenang berhak mendapatkan semuanya. Baginya hal itu tidak mencerminkan dengan semangat kekeluargaan yang telah terbagun selama ini. “Prinsip the winner take all adalah ekstrim. Karena seringkali tidak cocok dengan semangat kekeluargaan dan keterwakilan bagi masyarakat dan bangsa yang majemuk,” katanya.

Sehingga nilai-nilai dan perilaku kehidupan seperti itulah, yang menurut pandapatnya mesti dibangun dan dimekarkan di negeri ini. Jangan pemenang itu lantas mendapatkan semuanya. “Jika sungguh kita lakukan, insya Allah, kita akan benar-benar bisa menghadirkan masyarakat, ekonomi dan politik yang baik,” ungkapnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads