alexametrics

Paslon Mahyeldi-Audy Joinaldy Klaim Menang di Pilgub Sumbar

9 Desember 2020, 22:50:25 WIB

JawaPos.comPilgub Sumbar 2020 berlangsung seru. Dari empat pasangan calon (paslon) yang berkompetisi, Mahyeldi-Audy Joinaldy sudah percaya diri mengklaim menang.

Keyakinan menang itu berdasar pada hitung cepat dari dua lembaga survei, Poltracking dan Voxpol Center dan real count tim sukses. “Hasil hitung cepat dua lembaga survei nasional itu menempatkan Mahyeldi-Audy pada posisi pertama dengan perolehan suara 32 persen hingga Rabu pukul 17.30 WIB,” kata Mochlasin selaku Ketua Tim Pemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy seperti dilansir Antara, Rabu (9/12).

Mochlasin menyebut, jumlah suara yang masuk dari lembaga tersebut sudah mencapai 81 persen dan perolehan suara Mahyeldi-Audy konsisten. “Tidak hanya itu berdasarkan hasil real count sementara yang dimiliki tim pemenangan pasangan Mahyeldi-Audy juga unggul,” kata dia.

Baca juga: Bawaslu: Ada Petugas KPPS yang Terpapar Covid-19 Masih Bertugas di TPS

Mochlasin menyebut, sebelumnya pada survei soal Pilgub Sumbar yang dilakukan Poltracking dan Voxpol Center, Mahyeldi berada di posisi ketiga. “Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendukung dan relawan yang telah bekerja siang dan malam,” kata dia.

Pihak timses Mahyeldi-Audy pun segera memaparkan hasil penghitungan dari saksi Mahyeldi-Audy yang tersebar di 12.548 TPS di Sumbar.

Baca juga: Detik-Detik yang Tak Deg-degan Para Calon Tunggal

Calon Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy berpesan kepada seluruh relawan dan saksi agar menjaga perolehan suara tersebut sampai penetapan pleno oleh KPU.

Sebagaimana diketahui, Pilgub Sumbar 2020 diikuti empat paslon. Yakni, nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukni, nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri, nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar, dan pasangan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy.

Mahyeldi diketahui saat ini menjabat sebagai Wali Kota Padang 2018-2023. Sementara Audy Joinaldy merupakan pengusaha yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan.

Baca juga: Kota Padang Ulang Tahun, Wali Kota Viral Dimaki Warga

Sementara itu, hitungan cepat Poltracking yang bekerja sama dengan JawaPos.com, hingga berita ini dirilis data masuk sudah 99,2 persen. Dari hitungan tersebut menyatakan paslon Mahyeldi Ansharullah–Audy Joinaldy memperoleh suara sebanyak 32, 81 persen. Lalu diikuti paslon  Nasrul Abit–Indra Catri 30,75 persen. Dua paslon lainnya, Mulyadi–Ali Mukhni 26,83 persen dan Fakhrizal–Genius Umar 9,61 persen.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Antara


Close Ads