JawaPos Radar

Jamaah Haji Mau Sewa Kursi Roda di Mina? Ketahui Dulu Tarifnya

22/08/2018, 23:17 WIB | Editor: Ilham Safutra
Jamaah Haji Mau Sewa Kursi Roda di Mina? Ketahui Dulu Tarifnya
Ilustrasi: petugas dari panitia haji membantu jamaah haji yang menggunakan kursi roda. (FIRZAN SYAHRONI/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Suci Sundari tak mampu lagi melanjutkan perjalanan. Kakinya sakit. Perempuan 62 tahun itu akhirnya terpisah dari rombongan kloternya. Suci tak peduli. Bagi dia saat itu yang penting bisa menyelonjorkan dua kakinya yang letih.

Suci baru saja melontar jumrah di Jamarat. Dia berangkat dari maktab 42 yang berjarak sekitar 3 km dari Jamarat. Perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki. Wajar jika Suci tak mampu melanjutkan perjalanan sejauh itu.

Sejam lebih Suci duduk sendirian di pinggir jalan sebelum akhirnya ditemukan petugas haji Indonesia dari tim Pertolongan Pertama Pada Jamaah (P3JH). P3JH sebenarnya dibekali sepuluh kursi roda untuk mengantar jamaah. Namun, saat itu semua kursi roda sedang terpakai.

Jamaah Haji Mau Sewa Kursi Roda di Mina? Ketahui Dulu Tarifnya
Ilustrasi: sewa kursi roda di Mina mencapai Rp 2 juta sekali pakai untuk kebutuhan ibadah melempar jumrah. (Pixabay.com)

Untung, di Jamarat ada penyewaan kursi roda. Tapi, harus pandai menawar. Biasanya, pemilik kursi roda membuka harga 500 riyal atau sekitar Rp 2 juta. Tarif sebesar itu untuk sewa kursi roda sekaligus mengantar sampai ke depan tenda jamaah haji. Tapi, harga itu bisa ditawar.

Dibantu petugas haji yang fasih berbahasa Arab, Suci akhirnya mendapat harga 200 riyal atau sekitar Rp 800 ribu. Dengan harga sebesar itu, Suci diantar sampai ke depan tendanya di maktab 42.

Dengan kawalan petugas haji Indonesia, dia diantar sampai ke depan tendanya. "Jangan mau begitu saja dengan harga yang diminta pemilik kursi roda. Harus ditawar dulu," kata seorang petugas haji dari divisi perlindungan jamaah (linjam).

Menurut dia, tarif normal berkisar 200 sampai 300 riyal. "Tergantung lokasi maktabnya. Kalau jauh dari Jamarat biasanya 300 riyal," terangnya.

oni/jpc/jpk

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up