alexametrics

118 Ton Besi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dicuri

9 November 2021, 10:36:03 WIB

JawaPos.com – 118 ton besi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur dicuri. Komplotan pencuri ini diduga telah beroperasi sejak Juli 2021.

“Total investaris barang yang hilang seberat 118.081.28 Kg. Kalau dirupiahkan mencapai Rp 1 miliar,” kata Kapolsek Makasar Kompol T.F Hutagaol saat dihubungi, Selasa (9/11).

Total ada lima pelaku yang berhasil ditangkap polisi. Mereka yakni SA, 24; SU, 24; AR, 30; MLR, 24; DY, 46.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Makassar Iptu Moch Zen menambahkan, kasus pencurian terungkap setelah para pelaku terpergok oleh karyawan proyek. “Saksi melihat para pelaku sedang menaikkan besi-besi baja yang diambil dari lokasi proyek ke atas mobil pick up,” kata Zen.

Pelaku kemudiam kocar kacir kabur dari lokasi. Sedangkan mobil yang digunakan untuk mengangkut besi ditinggalkan begitu saja. Para pelaku kemudian berhasil ditangkap pada rentang waktu 3-6 November 2021.

Dalam pemeriksaan para pelaku mengaku telah beraksi sejak Juli hingga Oktober 2021. Kelima pelaku ini beraksi saat tengah malam ketika penjagaan di lokasi tidak ketat.

“Jadi mereka itu jam operasinya antara jam 2 sampai jam 5 subuh. Mereka udah terpganisir ada yang bongkar akses masuk proyek, ada yang ambil, ada yang siapkan mobil,” jelas Zen.

Kelima pelaku sekarang telah ditahan di Polsek Makasar. Mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads