JawaPos Radar

OTT Bupati Purbalingga, Segini Barbuk yang Diamankan KPK

05/06/2018, 01:19 WIB | Editor: Kuswandi
Barbuk OTT
Penyidik KPK memperlihatkan barang bukti uang suap hasil operasi tangkap tangan (OTT) Anggota DPR RI beberapa waktu lalu. (Mifathul Hayat/ Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah. Dalam operasi senyap yang digelar pada Senin (4/6), Tim Satgas Penindakan lembaga antirasuah menangkap Bupati Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, berinisial T. Selain itu, turut ditangkap beberapa pihak lain yang diduga terlibat dalam perkara suap-menyuap.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JawaPos.com, selain mengamankan beberapa pihak yang diduga terlibat dalam kasus dugaan penyuapan proyek pembangunan Islamic Centre senilai total Rp 77 miliar, Tim Satgas Penindakan KPK juga dikabarkan mengamankan sejumlah barang bukti uang suap yang diterima oleh sang bupati.

"Duitnya Rp 100 juta," kata sumber JawaPos.com. Hal senada juga dibenarkan sumber lainnya." Sekitar Rp 100 juta," imbuh sumber tersebut.

Tasdi
APEL : Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM menyalami sejumlah pegawai Kantor Kecamatan Purbalingga usai apel, Senin (19/2). (AMARULLAH NURCAHYO / Radar Banyumas/ Jaw Pos Group)

Selain duit tersebut, T juga dikabarkan kerap menerima upeti sebagai pelicin agar proyek-proyek yang akan dikendalikan kontraktor di daerah yang dipimpinnya berjalan mulus. Namun, terkait proyek apa, sumber tersebut belum bersedia mengungkapkannya. Yang pasti katanya banyak proyek yang dimainkan dengan jumlah fee jumbo.

"Sebelumnya sudah terima banyak," tukasnya. 

Seperti diketahui, sebelumnya diberitakan, Tim Satgas Penindakan KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Dalam operasi senyap yang dilakukan Senin (5/6) sore di beberapa tempat terpisah, KPK menangkap sejumlah pihak di antaranya Bupati Purbalingga berinisial T; Kepala Bagian Lelang, HI; Ajudan Bupati, TP (ditangkap di Purbalingga); seorang kontraktor, N (ditangkap di Purwokerto); dua pihak lain yang ditangkap di Jakarta.

Saat ini, para pihak yang ditangkap di Purbalingga dan Purwokerto dikabarkan dibawa ke markas KPK di Jakarta malam ini. Sedangkan pihak yang ditangkap di Jakarta tengah menjalani pemeriksaan intensif guna ditentukan status hukumnya.

(ce1/ipp/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up