alexametrics

Tekan Angka Kematian, Warga Diminta Terbuka Terkait Tracing Covid-19

31 Oktober 2020, 07:41:35 WIB

JawaPos.com – Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat agar berperan aktif dalam upaya pengendalian pandemi. Sebab, sampai dengan saat ini, penularan virus masih terjadi. Kasus-kasus baru masih bermunculan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masyarakat yang merasakan gejala Covid-19 diminta segera melakukan tes ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan rujukan. Dengan begitu, bisa segera mendapat penanganan apabila hasil tes didapati positif Covid-19.

“Masyarakat juga harus terbuka untuk membantu petugas kesehatan dalam melakukan tracing. Kolaborasi pemerintah dan masyarakat adalah hal yang peting untuk menekan angka kematian,” kata Wiku.

Dia menilai, angka kematian akibat Covid-19 harus terus ditekan. Pasalnya, satu nyawa sangat berharga jika tidak bisa diselamatkan. Dengan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah, maka upaya pengendalian akan semakin maksimal.

Wiku menyampaikan, sampai saat ini masih ada wilayah yang tingkat kesembuhan pasien Covid-19 masih di bawah 25 persen. Oleh karena itu, Wiku mendorong agar pemerintah daerah setempat agar aktif melaporkan kendala yang ditemukan. Dengan begitu, bisa dicarikan solusi bersama.

“Lakukan testing untuk pastikan status kesehatan. Jika postif ikuti arahan tenaga kesehatan untuk dapatkan penanganan dini sehingga bisa segera sembuh,” jelas Wiku.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan, ARM


Close Ads