alexametrics

Menko PMK Ingatkan Pentingnya Mitigasi Bencana untuk Kurangi Risiko

24 Mei 2022, 07:24:57 WIB

JawaPos.com – Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap ancaman risiko bencana. Sebab Indonesia berada di ring of fire.

“Indonesia itu rawan bencana karena terletak di Ring of Fire. Karena itu peranan mereka sangat vital,” ujar Muhadjir Effendy di sela-sela peresmian Rumah Resiliensi Indonesia di di Bali Art Collection, Nusa Dua, Bali, Senin (23/5).

Rumah Resiliensi Indonesia merupakan kumpulan penggiat sosial yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pengurangan risiko bencana di Indonesia.

Muhadjir Effendy sangat berterima kasih atas upaya pengurangan risiko bencana yang telah dilakukan BNPB, penggiat sosial, relawan, dan pihak penggerak sosial yang lainnya.

Muhadjir mengingatkan masyarakat untuk saling belajar melakukan mitigasi bencana. Pasalnya, Indonesia sering terjadi bencana karena berada ring of fire. “Kita belajar dari negara lain. Negara lain juga belajar ke kita, karena kita banyak ada bencana,” terang mantan mendikbud itu.

Peresmian Rumah Resiliensi turut dihadiri Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Suharyanto menyampaikan Indonesia menjadi salah satu dari 30 negara di dunia yang sangat rawan bencana. Indonesia kerap dilanda bencana seperti gempa, banjir, tanah longsor, gunung meletus atau erupsi, dan sebagainya. Pada gempa Palu dan NTB penanganannya bisa dilakukan secara cepat serta tepat.

Menurut analisis para ahli, 45 persen bencana dan fenomena alam di seluruh dunia, 45 persennya terjadi di kawasan Asia. Di antaranya gempa bumi dan tsunami. Bencana tersebut mengakibatkan ratusan ribu korban jiwa dan kerugian dengan total ratusan miliar rupiah.

Direktur Operasional Adexco Andrian mendorong masyarakat untuk meningkatkan awareness dan kepedulian mengenai mitigasi bencana.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads