alexametrics

Trenggono jadi Menteri KKP, Jubir Prabowo: Orang yang Tepat

22 Desember 2020, 20:30:55 WIB

JawaPos.com – Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai penunjukan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan adalah keputusan yang baik. Dahnil menilai, selama menjabat sebagai Wamenhan, Trenggono bekerja dengan baik.

“Pak Wamenhan adalah orang tepat, karena selama di Kemhan beliau adalah pekerja keras dan banyak membantu Menhan Prabowo,” kata Dahnil kepada wartawan, Selasa (22/12).

Kandati demikian, sejalan dengan kepergian Trenggono, maka kursi Wamenhan menjadi tidak bertuan. Dahnil menyampaikan, Kemenhan menyerahkan penunjukan Wamenhan selanjutnya kepada Presiden Jokowi.

“Keputusan Wamenhan pengganti tentu kami serahkan sepenuhnya juga kepada Presiden,” jelas Dahnil.

Dipromosikannya Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan juga menandakan kekosongan jabatan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP). “KKIP itu exofficio, siapa pun Wamenhannya nanti otomatis akan jadi Sekretaris KKIP,” pungkas Dahnil.

Sebelumnya, Jokowi memperkenalkan satu-persatu orang yang mengisi di Kabinet Indonesia Maju tersebut. Pertama adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Peter Batubara yang tersangkut kasus korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedua adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. Jokowi memberikan kepercayaan kepada Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Baca juga: Trenggono dari Wamenhan Hingga Ditunjuk Jokowi jadi Menteri KKP

Ketiga adalah Budi Gunadi Sadikin menggantikan Terawan Agus Putranto untuk mengisi menjadi Menteri Kesehatan. Keempat adalah Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggantikan Fahrul Razi sebagai Menteri Agama.

Kelima Jokowi menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terkena kasus korupsi benih lobster atau benur. Kemudian keenam adalah M Lutfi dipercaya oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdangangan menggantikan Agus Suparmanto.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads