alexametrics

Indonesia Butuh Lebih Banyak Pendidikan Berkualitas

15 April 2022, 03:22:16 WIB

JawaPos.com- Butuh peran pendidikan tinggi (PT) dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul dan inovatif. Karena itu, di tengah masih cukup banyaknya tantangan nasional, Indonesia tertuntut untuk terus dapat mengembangkan kualitas pendidikan tinggi.

Plt Dirjen Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI Prof Ir Nizam PhD mengatakan, beberapa tantangan yang dihadapi negara saat ini adalah kesenjangan dan ketergantungan impor.

”Untuk lepas status negara yang berpenghasilan menengah menjadi negara berpenghasilan tinggi, tidak ada cara lain selain transformasi ekonomi yang berbasis inovasi,” kata Nizam dalam sesi webinar Fellowship Jurnalis Pendidikan (FJP) oleh Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan, Rabu (13/4) lalu.

Dia menyatakan, Indonesia tidak bisa berkembang kalau terus menerus mengandalkan buruh murah dan sumber daya alam saja. Inovasi-inovasi harus terus didorong melalui peran penting perguruan tinggi. Secara jumlah, sebetulnya PT di Indonesia sudah cukup banyak.

”Jika dibandingkan dengan Tiongkok, jumlah PT di Indonesia hampir dua kalinya. Yaitu sebanyak 4.593 di tahun 2020, sedangkan Tiongkok ada di kisaran 2.500,” jelas guru besar Teknik Sipil UGM itu.

Namun, PT di Tiongkok sudah berskala besar. Mampu menaungi lebih banyak mahasiswa. ”Di sana jumlahnya puluhan juta mahasiswa. Kalau di Indonesia, data terbaru 2022 ini mahasiswanya masih mendekati 9 juta orang,” paparnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : Retno Dyah

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads