alexametrics

ICU untuk Pasien Korona di Jakarta Sudah Memadai, 3M Harus Tetap Jalan

13 Oktober 2020, 08:08:53 WIB

JawaPos.com – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo meminta masyarakat untuk lebih sadar disiplin protokol kesehatan. Ini supaya angka penularan tidak terus bertambah.

“Kita harapkan dengan kesadaran yang tinggi, masyarakat bisa pulih dalam kondisi awal. Jangan sampai dalam kondisi gejala ringan, kemudian menuju ke sedang dan berat,” kata Doni dalam diskusi daring, Senin (12/10).

Disiplin menerapkan protokol kesehatan itu dengan mematuhi 3M yakni memakai masker, manjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Hal ini diharapkan mampu menekan laju kasus positif Covid-19.

Doni juiga memastikan, kini ruang ICU di DKI Jakarta tidak lagi kekurangan. Menurutnya, ketersediaan ICU yang semula posisinya 83 persen atau 82,99 persen, sekarang sudah berada pada posisi 70,50 persen.

Selain itu, dibukanya fasilitas hotel bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif diharapkan mempercepat proses penyembuhan keluarga yang terpapar. “Di Jakarta sudah ada lima hotel yang terpakai, kemudian juga di Sumatera Utara, Aceh, Bali dan Sulawesi Selatan. Malah Sulawesi Selatan terutama Makassar sudah dari awal memanfaatkan hotel untuk fasilitas isolasi mandiri bagi masyarakat yang terpapar Covid,” ucap Doni.

Doni pun mengharapkan, seluruh hotel di Indonesia bisa membantu menangani pasien isolasi mandiri.  “Covid ini ditulari bukan oleh hewan seperti halnya flu babi dan flu burung, tetapi oleh manusia. Manusia yang jaraknya sangat dekat dengan kita yang bisa menulari kita,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : ARM, Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads