alexametrics

Kemendagri Akan Ganti Dokumen Kependudukan yang Rusak Akibat Banjir

3 Januari 2020, 10:37:29 WIB

JawaPos.com – Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh‎ mengatakan akan memberikan pelayanan terkait masyarakat yang hilang atau rusak dokumen kependudukannya. Hal ini dikatakan Zudan setelah Jabodetabek dilanda banjir akibat hujan yang mengguyur di awal tahun baru 2020.

“Kita langsung bergerak aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang rusak tersebut dengan gratis,” ujar Zudan saat dikonfirmasi, Jumat (3/12).

Zudan meyakini, akibat musibah banjir ini banyak dokumen kependudukan yang hilang. Ini seperti yang terjadi saat bencana gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB), tsunami di Banten dan Lampung.

‎”Kami dari pusat akan memberikan pendampingan seperti biasanya. Tolong segera dilakukan mulai hari ini atau setelah banjir surut,” katanya.

Zudan berujar, pihaknya akan memberikan instruksi kepada RT dan RW di Jabotebek untuk bisa mengumpulkan data-data masyarakat yang dokumen kependudukan rusak akibat banjir.

“Nanti kita akan berikan pengumuman. Nanti bisa jemput bola melalui RT/RW masing-masing. Atau RT/RW dikumpulkan di kelurahan masing-masing. Nanti setelah jadi RT/RW tinggal mengambilkan‎,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: