alexametrics

Teman yang Menyenangkan, Kepemilikan Kucing Naik 129 Persen

23 Januari 2022, 14:08:29 WIB

JawaPos.com – Kucing seringkali dianggap banyak orang sebagai hewan peliharaan yang seenaknya sendiri. Namun, beberapa studi terakhir menyatakan bahwa hubungan antara kucing dan majikannya ternyata jauh lebih dalam dari yang dipikirkan.

Berdasarkan data dari Euromonitor 2021, disebutkan bahwa kepemilikan kucing dalam lima tahun terakhir dilaporkan naik sebesar 129 persen. Masa pandemi yang merundung banyak orang pun membuat kehadiran kucing menjadi efek positif tersendiri.

Sebuah studi lain yang berhubungan dengan kualitas tidur dari Mayo Clinic Center for Sleep Medicine juga menunjukkan bahwa 41 persen orang yang memelihara kucing tidur lebih nyenyak. Hanya 20 persen yang menyatakan hewan peliharaan mengganggu mereka.

Keberadaan kucing, berdasarkan penelitian lain, ternyata juga bisa membantu orang mengatasi rasa kehilangan lebih cepat. Kedekatan dengan kucing peliharaan juga dipercaya dapat menurunkan tingkat stres.

Lalu, bagaimana dengan reasa cinta kucing ke manusia?

Sebuah studi di Oakland University mengungkapkan bahwa kucing dapat berperilaku berbeda saat pemiliknya tersenyum dan mengernyutkan kening. Peneliti memperhatikan bahwa ketika pemilik tersenyum, kucing akan meresponsnya dengan berperilaku positif, seperti mendengkur, mengosok-gosok, atau duduk di pangkuan pemiliknya.

Penelitian yang sama juga mengatakan bahwa kucing menganggap majikan mereka sebagai sumber dan keamanan. Penelitian lain dari Jurnal Current Biology mengungkapkan bahwa hubungan emosi antara kucing dengan majikan mirip dengan dengan keterikatan anjing dengan pemiliknya.

Dampak positif dari kucing ini kemudian menginisiasi brand makanan kucing lokal, Cleo untuk mendorong interaksi positif antara kucing dan pemiliknya lewat kampanye #CleotifulMoodment.

“Kami mengajak para pemilik kucing untuk berinteraksi dengan peliharaan kesayangannya dengan membuat vlog bersama. Aktivitas ini bisa diikuti dengan melakukan registrasi dengan mengisi form pada link yang tertera di media sosial @CleoCatID,” ujar Brand Manager CPPETINDO Wilda Novayana dalam keterangan resminya.

Dari pendaftaran tersebut, lanjut Wilda, tim Cleo akan memilih 50 peserta yang beruntung untuk mendapat Cleo Package secara gratis yang bisa digunakan untuk membuat vlog bersama kucing peliharaan.

“Ada total hadiah sebesar Rp 20 juta yang dibagikan kepada para pemenang. Vlog harus kreatif dan menunjukkan kekompakan antara pemilik dengan kucing kesayangannya. Jika konten vlog yang di-post di  media sosial mendapat likes dan view yang banyak, akan mendapat nilai tambah dari kami,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads