alexametrics

Hari Bahasa Ibu Internasional Jadi Momentum Kembangkan Budaya Sunda

19 Februari 2021, 09:58:16 WIB

JawaPos.com – Komunitas dan lembaga pegiat bahasa Sunda akan menyelenggarakan berbagai acara untuk menyambut Hari Bahasa Ibu Internasional (HBII), 21 Februari 2021. Sejumlah acara bakal diselenggarakan untuk memeriahkan acara tahunan itu.

Acara yang akan digelar diantaranya adalah lomba membuat konten website bahasa Sunda, olimpiade bahasa Sunda untuk siswa tingkat SMP dan SMA, lomba film pendek yang diadaptasi dari cerpen berbahasa Sunda, lomba menulis cerpen bahasa Sunda antar guru bahasa Sunda, dan banyak lagi.

Menurut Koordinator Acara HBII Malik, tahun ini menjadi momentum untuk merevitalisasi aksara, bahasa dan budaya Sunda. “Adanya lomba-lomba yang diadakan dalam rangka Hari Bahasa Ibu Internasional akan memperlihatkan indikator nyata bahasa Sunda tidak hanya masih banyak penuturnya, tapi juga banyak yang menguasainya. Begitu pula dengan aksara Sunda,” ucap Malik, Jumat (19/2).

HBII merupakan salah satu program UNESCO untuk melestarikan dan melindungi semua bahasa yang digunakan oleh masyarakat di dunia. Pentingnya eksistensi bahasa daerah secara resmi diakomodasi oleh UNESCO melalui kebijakan penetapan tanggal 21 Februari sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional yang mulai disahkan pada tahun 1999.

Penasehat Acara HBII Etti RS menambahkan, kegiatan tersebut menjadi bukti bahwa komunitas Sunda yang tersebar di Jawa Barat sangat antusias dan saling bersinergi dalam memajukan budaya Sunda.

“Pihak-pihak yang menginisiasi peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional 2021 di Jawa Barat ini membuktikan bahwa Jawa Barat memiliki persatuan yang kuat untuk mempertahankan dan mengembangkan bahasa dan aksara Sunda,” lanjut Titi.

Dia menambahkan, hal ini juga dibuktikan dengan keguyuban banyak pihak yang mendonasikan dana untuk acara ini. “Sampai saat ini sudah terkumpul sebanyak kurang lebih Rp 60 juta rupiah tanpa bantuan Pemprov Jabar,” terang Etti.

Puncak acara akan diselenggarakan pada tanggal 21 Februari bertepatan dengan Perayaaan Hari Bahasa Ibu Internasional dan penyelenggaraan Selebrasi Digitalisasi Aksara Sunda secara daring yang akan dihadiri secara virtual oleh Gubernur Jabar dan perwakilan dari UNESCO.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto




Close Ads