alexametrics

Faktor Kepribadian Bisa Memicu Seseorang Selingkuh dari Pasangan

10 September 2020, 14:17:04 WIB

JawaPos.com – Mengkhianati pasangan adalah sebuah kesalahan yang nyaris sulit dimaafkan. Banyak faktor yang mendasari perbuatan tidak terpuji tersebut.

Dilansir dari Psychology Today, Kamis (10/9), Psikolog Hubungan dari New Jersey, AS, Gary Lewandowski menghubungkan seseorang yang suka berselingkuh dengan kepribadian atau karakter seseorang. Penelitian tentang perselingkuhan telah mengeksplorasi banyak aspek dari pengalaman tersebut, termasuk seberapa sering hal itu terjadi, kualitas dalam hubungan yang dapat mengarah pada perselingkuhan, dan ciri-ciri orang yang cenderung berselingkuh.

Dalam sebuah studi tahun 2020 yang baru saja diterbitkan, Meghna Mahambrey dari Universitas Negeri Ohio berusaha menjawab pertanyaan seperti apa sebenarnya aspek kepribadian seseorang yang tega berselingkuh.

Peserta penelitian berjumlah 1.577 orang, 898 di antaranya sudah menikah. Di seluruh sampel, 19 persen melaporkan pernah diselingkuhi.

Peneliti mengumpulkan informasi tentang kepribadian dengan menanyakan peserta seberapa baik ciri kepribadian mereka dan pasangan mereka. Untuk mengukur perselingkuhan, peneliti juga membuat daftar serangkaian pengalaman hidup peserta dengan 5 kunci pertanyaan, di antaranya:

1. Keterbukaan (misalnya, suka berpetualang, ingin tahu, cerdas).

2. Kesadaran (misalnya, bertanggung jawab, pekerja keras, terorganisir).

3. Extraversion (misalnya ramah, supel, banyak bicara).

4. Persetujuan (misalnya perhatian, berhati lembut, simpatik).

5. Neuroticism (misalnya moody, gugup, khawatir).

Kesimpulannya, peneliti menemukan korelasi antara karakteristik kepribadian tertentu dengan ketidaksetiaan pasangan. Penting untuk dicatat bahwa hasil studi saat ini hanya berlaku untuk peserta yang mengetahui pasangannya berselingkuh.

Pada akhirnya, meskipun lebih berhati-hati tentu tidak dapat menjamin bahwa pasangan Anda tidak akan selingkuh, bangunlah terus komitmen, tanggung jawab yang lebih besar, disiplin diri, dan sifat saling menghargai serta saling membantu dalam hubungan Anda.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads