Jumat, 31 Maret 2023

Belanja di Hari Batik Nasional Dapat Diskon, Ini 4 Pilihan Labelnya

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 16:50 WIB
Merayakan Hari Batik Nasional dengan berbagai cara. Mulai dari belajar membuat batik itu sendiri, hingga belanja produk batik karya UMKM.
Merayakan Hari Batik Nasional dengan berbagai cara. Mulai dari belajar membuat batik itu sendiri, hingga belanja produk batik karya UMKM.

JawaPos.com - Menyambut Hari Batik Nasional bisa dengan cara berbelanja atau membeli batik. Hari Batik Nasional telah ditetapkan oleh pemerintah jatuh di setiap tanggal 2 Oktober sejak tahun 2009.

Batik merupakan karya agung warisan budaya manusia yang sebaiknya dilestarikan oleh generasi-generasi penerus seperti generasi milenial saat ini. Masyarakat Indonesia dapat merayakan Hari Batik Nasional dengan berbagai cara. Mulai dari belajar membuat batik itu sendiri, hingga belanja produk batik karya UMKM dan desainer ternama asal Indonesia.

Agar aman meski masih PPKM, berbelanja bisa dilakukan di rumah. Tentunya platform digital menawarkan berbagai pilihan pakaian batik yang modis dan tetap nyaman digunakan sehari-hari untuk berbagai kepentingan. Mulai dari kepentingan pekerjaan, menghadiri pesta atau acara-acara lainnya.

Dalam keterangan resmi ZALORA, melalui kampanye Bangga Berbatik menawarkan diskon hingga 65 persen untuk koleksi produk batik, termasuk batik pada pakaian wanita, pria, hingga anak. Selain diskon langsung pada produk, Associate Marketing Director ZALORA Indonesia Bimo Darmoyo, mengatakan penggunaan baju batik seringkali disambungkan dengan kegiatan formal oleh masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya banyak di antaranya yang dapat digunakan dengan nyaman untuk kegiatan sehari-hari seperti untuk outfit ke kantor.

"Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung para pegiat batik bangkit kembali di tengah pandemi, termasuk untuk UMKM dan desainer ternama yang telah menghasilkan karya batik terbaiknya," katanya.

Tips Memilih Baju Batik

Dalam memilih baju batik, perlu memperhatikan pakaian dengan kualitas batik dan bahan yang baik. Pakaian batik juga perlu dirawat dan memiliki treatment khusus dalam mencucinya agar menghindari luntur.

Seperti mencuci dengan air hangat atau suhu ruangan, tidak menjemur dibawah matahari langsung, hingga hindari mencuci bersama dengan pakaian lain. Dan ada berbagai label pilihan untuk membeli batik. Label di mana saja?

1. Oemah Etnik

Label Oemah Etnik telah didirikan sejak 2013 silam. Koleksi dari Oemah Etnik menawarkan pakaian yang dapat digunakan sehari-hari, seperti model cardigan, dress, kimono, hingga kemeja batik untuk pria. Menariknya, Oemah Etnik juga telah melebarkan jangkauannya tidak hanya di Indonesia, namun juga ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

2. Bateeq

Sama seperti Oemah Etnik, Bateeq juga telah didirikan sejak 2013. Mengusung tema baju batik dengan sentuhan modern dan tersedia untuk pria, wanita hingga anak.

3. Rianty Batik

Rianty Batik memiliki banyak penawaran pakaian batik dengan sentuhan model yang lebih formal. Seperti blazer batik, kemeja panjang batik untuk pria, dan lainnya. Adapun beberapa koleksinya yang menjual set pakaian lengkap dengan masker batik dengan motif yang sama, sehingga dapat membuat penampilan matching from head to toe.

4. Iwan Tirta Private Collection

Desainer ternama Iwan Tirta terkenal dengan berbagai rancangan busananya yang telah mendunia. Koleksinya menawarkan berbagai kualitas dan model, sehingga pelanggan dapat sesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing. Kualitas dari koleksi Iwan Tirta tidak perlu diragukan lagi, pasalnya Iwan Tirta juga sering berkolaborasi dengan brand ternama hingga mancanegara untuk mempopulerkan penggunaan batik ke dunia.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tags

Terkini

Tips Membawa Bekal yang Sehat untuk Mudik

Jumat, 31 Maret 2023 | 17:03 WIB

Surabaya Masuk Daftar Demand Seksi Budaya Korea

Jumat, 24 Maret 2023 | 10:31 WIB

Tip Memilih Koper untuk Bepergian

Rabu, 22 Maret 2023 | 19:29 WIB
X