alexametrics

Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Divaksin Covid-19, Ketahui Dosisnya

14 Desember 2021, 09:14:04 WIB

JawaPos.com – Pemerintah memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun hari ini. Lokasinya tersebar di 3 lokasi yakni DKI Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok. Anak-anak menjadi semakin penting divaksinasi seiring sudah dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, kick off vaksin untuk anak menggunakan vaksin Sinovac sesuai dengan izin yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pada anak, dosis yang direkomendasikan juga disesuaikan dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Menurut Maxi, penyuntikan vaksin dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari.

“Sebelum pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi,” kata Maxi kepada wartawan secara virtual baru-baru ini.

Hal senada dikatakan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K). Menurutnya, anak juga dapat tertular dan atau menularkan virus corona dari dan ke orang dewasa disekitarnya (orangtua, orang lain yang tinggal serumah, orang yang datang ke rumah, teman atau guru di sekolah pada pembelajaran tatap muka) walau tanpa gejala.

“Oleh karena itu, pentingnya mengontrol secara terus menerus penularan dan transmisi Covid-19 di Indonesia. Selain itu, sejumlah laporan dari hasil pembelajaran tatap muka dari beberapa negara dunia yang menyatakan adanya peningkatan kasus rawat inap pasien anak dengan Covid-19,” jelas dr. Piprim.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads