alexametrics

Minum Air Rebusan Daun Mangga Bisa Kendalikan Diabetes

3 November 2019, 09:38:12 WIB

JawaPos.com – Diabetes adalah penyakit yang kini banyak mengancam masyarakat karena gaya hidup tak sehat. Komplikasinya, bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti stroke, jantung, dan ginjal. Untuk itu, bagi penderita diabetes diharuskan minum obat guna mengendalikan gula darahnya.

Selain obat-obatan yang diberikan dokter, makanan sehat dan meminum resep herbal rumahan juga bisa membantu lho. Salah satu obat untuk diabetes yang dapat mengendalikan diabetes dan mengurangi kadar gula darah adalah daun mangga.

Dilansir dari NDTV, Minggu (3/11), daun mangga sarat dengan manfaat yang dapat membantu Anda mengelola diabetes. Dengan mengendalikan gula darah dengan baik, maka bisa mencegah komplikasi diabetes.

Berbagai penelitian memang menyoroti manfaat daun mangga karena bisa menurunkan kadar gula darah. Ekstrak daun mangga (Mangiferin) sendiri memiliki kemampuan menghambat enzim alpha glukosidase, yang membantu mengurangi metabolisme karbohidrat di usus serta kadar glukosa darah.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui dosis tepat dari ekstrak daun, ” kata Konsultan Endokrinologi, Rumah Sakit CIA Aster, Bangalore, Dr. Mahesh. D. M.

Daun mangga memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi insulin dan distribusi glukosa. Sehingga bisa membantu menstabilkan kadar gula darah. Daun mangga juga kaya dengan pektin, vitamin C dan serat. Sehingga tak hanya baik untuk diabetes tetapi juga menurunkan kadar kolesterol.

Cara membuat minuman dari daun mangga:

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah mengambil 10-15 daun mangga dan rebus dalam air. Setelah mendidih, matikan kompor dan  biarkan semalaman.

Saring airnya dan minum di pagi hari dengan perut kosong. Minum ramuan ini setiap pagi secara teratur selama beberapa bulan untuk melihat efeknya.

Meskipun demikian, jika Anda seorang penderita diabetes, Anda tetap harus memperhatikan pola makan. Ikuti semua instruksi yang diberikan oleh dokter. Makan makanan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, dan kurangi stres.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads