alexametrics

Penuhi Asupan Kecukupan Gizi Seimbang Lewat Kuliner Nusantara

1 Maret 2021, 10:51:10 WIB

JawaPos.com – Nutrisi adalah bagian penting dari kesehatan dan perkembangan manusia. Gizi yang lebih baik akan melahirkan generasi cerdas dalam memutus siklus kemiskinan dan kelaparan. Maka, ketahanan dan ketersediaan pangan adalah kuncinya.

Malnutrisi, dalam segala bentuknya, menghadirkan ancaman yang signifikan bagi kesehatan manusia. Saat ini dunia menghadapi beban ganda malnutrisi yang mencakup kekurangan gizi dan kelebihan berat badan, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) gizi yang cukup bisa mendukung kesehatan dan kesejahteraan bagi semua, di segala usia. WHO menyebutkan masih ada negara yang mengalami kekurangan gizi untuk 13 negara, termasuk Tiongkok.

Ketahanan pangan dan status gizi dari kelompok populasi penting untuk menjamin keamanan pangan dan nutrisi. Laporan ini juga memperkenalkan analisis baru tentang pola makan sehat di seluruh dunia.

“Maka untuk meningkatkan edukasi gizi kami memperkenalkan lewat kekayaan kuliner nusantara dengan kelezatan cita rasanya sudah selayaknya diketahui oleh masyarakat dunia,” kata Founder Panganfest Rino Febrian dalam keterangan virtual baru-baru ini.

Panggung Adirasa Nusantara (Panganfest) 2021 yang akan diselenggarakan pada 21 Februari 2021 di Yogyakarta memberikan harapan agar kuliner nusantara dengan berbagai pemenuhan gizi yang baik dapat menyebar ke seluruh nusantara bahkan penjuru dunia. Panganfest juga menjadi wadah membantu para inovator pangan untuk melakukan hilirisasi, agar produk pangan inovatif tersebut bisa semakin dekat dengan konsumen.

Selain edukasi gizi dan kuliner nusantara, ajang ini juga membantu mendesain ulang tampilan produk pangan serta pengemasan sesuai dengan selera seluruh kalangan, membantu menyiapkan konten hingga strategi digital marketing, dan menjadi promotor pameran atau festival pangan baik di dalam maupun luar negeri. Dan masyarakat bisa mendapatkan aneka pilihan kuliner dan asupan gizi seimbang lewat kuliner lokal.

“Sehingga memperkenalkan ragam kuliner lokal Indonesia ke mata dunia,” tutup Rino.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads