JawaPos Radar

MUI Solo: Imunisasi MR Boleh Dilakukan

23/08/2018, 17:27 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Imunisasi Massal
ILUSTRASI: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Solo mengatakan jika imunisasi Measles Rubella atau MR diperbolehkan. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Solo mengatakan jika imunisasi Measles Rubella atau MR diperbolehkan. Meskipun, ada perdebatan jika bahan yang digunakan untuk pembuatan vaksin tersebut mengandung bahan yang diyakini tidak halal. Sebagai pertimbangan, imunisasi MR ini bisa dilakukan manakala dalam keadaan darurat. 

Ketua MUI Solo, Subari menjelaskan, keadaan darurat yang dimaksud adalah jika tidak menggunakan imunisasi tersebut maka bisa menimbulkan penyakit. Maka dari itu, imunisasi MR dari India boleh digunakan.

Subari juga mencontohkan, keadaan darurat itu layaknya memakan makanan yang haram seperti daging babi. Tetapi, jika tidak memakannya tidak ada makanan yang bisa dikonsumsi. "Karena tidak ada (makanan) yang lain maka hukumnya boleh. Soalnya kalau tidak memakan bisa mati," ucapnya, Kamis (23/8). 

Meski begitu, Subari meminta pemerintah untuk cepat mencari imunisasi yang dipastikan halal. Mengingat, imunisasi MR ini dibutuhkan oleh masyarakat, terutama untuk melindungi generasi penerus bangsa.

Dengan adanya imunisasi MR ini maka bisa mencegah kecacatan terhadap anak-anak. Dan nantinya, setelah adanya vaksin imunisasi MR yang halal maka imunisasi yang saat ini menjadi perdebatan bahkan disinyalir haram tersebut harus ditinggalkan. 

"Ini untuk perlindungan masyarakat, jadi pemerintah harus secepatnya mencari imunisasi yang sudah mengantungi sertifikat halal," tukasnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo tetap melakukan imunisasi MR meskipun banyak yang percaya bahwa imunisasi tersebut tidak halal. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam menyehatkan masyarakat. Tetapi, DKK juga tidak memaksa bagi orang tua yang memang tidak menghendaki anaknya diimunisasi MR.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up