alexametrics

Penghasil Bambu Terbesar Ketiga di Dunia, Indonesia Punya Potensi

23 Maret 2018, 12:06:23 WIB

JawaPos.com – Indonesia disebut sebagai negara ketiga penghasil bambu terbesar di dunia setelah Cina dan India. Hadirnya kekayaan alam ini, Indonesia sebagai negara yang miliki potensi besar untuk memanfaatkan bambu menjadi material masa depan.

Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Program Studi Desain Produk, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) berkolaborasi dengan Musashino Art University (MAU) menciptakan pengembangan material bambu dan rotan di Indoensia. Pasalnya 80 persen kebutuhan rotan di dunia per tahun di datangkan dari Indonesia.

Kolaborasi yang mengambil tema “Bond Through Contrariety” ini telah diadakan 9 kali sejak pertama kali diselenggarakan pada 2007 lalu. Pada 2018 ini menghadirkan beberapa kegiatan yakni Workshop (1-9/3) dan Pameran hasil karya dalam kegiatan (12-14/3) di Indonesia Design Development Center (IDDC), Jakarta.

Ketua panitia pelaksana, Kevindra mengatakan kolaborasi dengan serangkaian kegiatan itu untuk mencari potensi pengembangan bambu dan rotan untuk dijadikan bahan utama pembuatan barang sehari-hari.

“Mahasiswa juga dapat mengembangkan dua material lokal ini menjadi produk yang memiliki fungsi praktis, tidak hanya menjadi bahan dasar pembuatan properti acara seperti yang marak dilakukan mahasiswa di ITB,” kata Kevindra dalam keterangan resmi yang diterima JawaPos.com, Kamis (22/3).

Bahkan, kata dia dalam workshop ini merupakan sebuah percobaan kombinasi bambu dan rotan menggunakan material lain, seperti, kaca, mika, aluminium, dan kertas.

Peserta workshop merupakan mahasiswa S1 tingkat 3 Desain Produk ITB dengan mahasiswa Musashino Art University yang berasal dari latar belakang program studi berbeda-beda.

Produk yang dihasilkan dari eksplorasi bambu dan rotan ini berkisar pada produk interior ruang keluarga, diantaranya adalah, lampu, kursi, hingga meja.

“Kegiatan kolaborasi seperti ini sangat membuka pikiran, bahwa kehidupan tidak hanya berkisar di kampus, namun, masih ada dan banyak hal lain yang bisa dilihat,” tuturnya.

Kegiatan pun turut dihadiri, Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) Kementerian Perdagangan Indonesia dan Ketua Program Studi Desain Produk UPJ.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)




Close Ads
Penghasil Bambu Terbesar Ketiga di Dunia, Indonesia Punya Potensi