alexametrics

Sri Mulyani: Masih Ada 15 Persen Rakyat Belum Dapat Air Bersih

19 Februari 2021, 20:30:30 WIB

JawaPos.com – Pemerintah akan terus meningkatkan jumlah ketersediaan air bersih untuk mesyarakat. Salah satunya dengan memperbanyak proyek sistem penyediaan air minum (SPAM).

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, masih ada sekitar 15 persen masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan akses air bersih dan air minum yang layak.

“Ini peningkatan yang luar biasa, tapi tidak berarti kita puas karena berarti masih ada 15 persen rakyat kita yang belum mendapatkan layanan sumber air minum yang layak dan berkelanjutan,” ujarnya secara virtual, Jumat (19/2).

Sehingga, dirinya meminta agar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan para pemerintah daerah (pemda) untuk lebih aktif untuk menyediakan proyek SPAM di wilayahnya masing-masing.

“Sanitasi harus menjadi prioritas bahkan pada situasi pandemi seperti ini pun makin penting karena ini adalah bagian dari membangun ketahanan dan imunitas dari masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, air bersih menjadi kebutuhan dasar manusia dan wajib untuk dipenuhi. Hal itu sesuai dengan Pasal 28 H Ayat I UUD 1945 yang berisi setiap orang berhak sejahtera lahir dan batin dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads