alexametrics

Diresmikan Presiden, Kini Trans-Sumatera Punya Ruas Tol Terpanjang

17 November 2019, 09:08:39 WIB

JawaPos.com – Panjang jalan tol trans-Sumatera bertambah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian ruas tol Terbanggi Besar–Kayu Agung yang membentang dari Lampung ke Sumatera Selatan (Sumsel) sepanjang 189 kilometer. Jokowi menyatakan, ruas tol tersebut merupakan yang terpanjang di Indonesia. ”Ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan,” ujarnya di gerbang tol Km 240, Kabupaten Mesuji, Jumat (15/11).

Sebelumnya rekor ruas tol terpanjang dipegang tol Bakauheni–Terbanggi Besar yang mencapai 145 kilometer. Dengan diresmikannya ruas Terbanggi Besar–Kayu Agung, tol trans-Sumatera sudah membentang dari Bakauheni hingga Kayu Agung sepanjang 334 kilometer. ”Kita harapkan nanti disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang dan Palembang ke Betung di Banyuasin,” imbuh Jokowi.

Pemerintah menargetkan tol akan tersambung hingga Palembang pada akhir tahun. Saat ini pembangunan masih diselesaikan. Jika tuntas, waktu tempuh dari Bakauheni ke Palembang akan bisa dipangkas dari 10 jam menjadi 4 hingga 6 jam.

Jokowi menambahkan, pemerintah menargetkan pembangunan tol trans-Sumatera sepanjang 2.974 km dari Lampung ke Aceh bisa selesai pada 2024. Saat ini pembebasan tanah dan pembangunan sudah mulai digarap di sejumlah kawasan. ”Di Aceh pembebasan tanah sudah 52 persen. Di sana pun sudah mulai nanti sambungnya di tengah,” ungkapnya.

Bukan hanya di Sumatera, pembangunan tol di Kalimantan dan Sulawesi juga terus dikebut. Di Kalimantan saat ini sudah hampir selesai ruas tol Balikpapan–Samarinda.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : far/c9/ayi



Close Ads